Pemuda Desa Pertanyakan Kinerja Kuwu Sukagumiwang

PERTANYAKAN. Sejumlah pemuda yang tergabung dalam GPS pertanyakan kinerja aparat Desa Sukagumiwang dalam pengelolaan dana desa hingga pemerataan pembangunan fasilitas umum bagi masyarakat, Sabtu (12/10/2019).
RAKYATCIREBON.CO.ID - Sejumlah pemuda yang tergabung dalam Gerakan Pemuda Sukagumiwang (GPS) Desa Sukagumiwang, Kecamatan Sukagumiwang, Indramayu mempertanyakan kinerja Kuwu Sukagumiwang, Jaelani di periode pertama jabatanya. Sejumlah persoalan masyarakat menjadi sorotan. Seperti pengelolaan dana desa, pelayanan keadministrasian desa hingga pemerataan pembangunan infrastruktur dan fasilitas umum desa. 

Salah satu pemuda desa, Damudi mengungkapkan, masih banyak persoalan yang harus dibenahi di Desa Sukagumiwang. Yang menjadi sorotan ialah pengelolaan dana desa. Setiap tahun Desa Sukagumiwang mendapat kucuran dana desa dengan jumlah fantastis. 

"Dana desa kami ingin tahu. Apakah pengelolaanya sudah sesuai dengan aturan atau tidak," jelasnya saat menghadiri silahturahim GPS di Blok Brungut, Sabtu (12/10/2019).

Menurut Damudi, transparansi dana desa di Sukagumiwang harus terbuka. Supaya masyarakat bisa mengawasi pengelolaan dana tersebut. "Harus transparan," tegas alumni IAIN Syekh Nurjati Cirebon itu. 

Di samping itu, dia juga menyinggung profesionalitas aparat desa dalam melayani masyarakat. Pasalnya, saat ini fungsi desa sangat dibutuhkan dalam memberikan pelayanan administrasi dan kependudukan bagi masyarakat. 

"Kami juga ingin pelayanan di desa itu dibenahi. Jangan sampai ada percaloan atau dipersulit bagi warga yang ingin meminta surat keterangan dari desa seperti SKTM, surat keterangan domisili atau persoalan keadministrasian yang lain. Karena warga yang datang ke desa itu karena butuh. Dan desa harus melayani," papar dia. 

Terakhir, Damudi ingin gelontoran dana desa betul-betul dimanfaatkan untuk membangun desa. Misalnya melakukan pembangunan objek vital desa seperti irigasi pertanian, perbaikan jalan gang atau blok, hingga pembangunan fasilitas umum untuk mendukung keguyuban dan kreativitas pemuda desa. 

"Di periode pertama menjabat ini kuwu jangan diam harus ada kerja nyata. Kuwu dipilih rakyat harus bekerja untuk kesejahteraan rakyat desa," tukas dia. (wan)

Dapatkan berita terkini:

1 Response to "Pemuda Desa Pertanyakan Kinerja Kuwu Sukagumiwang"

  1. Mantap pak pewarta, terus menjadi aspirasi media rakyat.

    BalasHapus

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus