IAIN Cirebon dapat Bantuan Bus Kampus dari Kemenhub

Direktur Jenderal Hubdat Kemenhub, Irjen Pol Drs Budi Setiyadi SH MSi tegaskan IAIN Cirebon dapat bantuan satu unit bus kampus dari Kemenhub.

RAKYATCIREBON.CO.ID - IAIN Syekh Nurjati Cirebon mendapatkan slot bantuan satu unit bus kampus dari Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Hal ini dibenarkan oleh Direktur Jenderal Hubdat, Irjen Pol Drs Budi Setiyadi SH MSi saat bertandang ke IAIN, Sabtu (14/9). 

Budi mengatakan di rangkaian peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) 2019, Kemenhub sedang melakukan skema baru transportasi umum. Bantuan bus kampus salah satu upayanya. Bantuan ini diharapkan jadi stimulus bagi warga kampus untuk beralih dari kendaraan pribadi ke transportasi umum.

“Di perguruan tinggi juga sedang kita coba untuk angkutan umum. Minimal memancing atau sebagai stimulus. Yang kita lakukan sebagai pembelajaran supaya para mahasiswa dan masyarakat meninggalkan kendaraan pribadinya dan kembali pada angkutan umum,” ungkapnya kepada Rakyat Cirebon.

Budi menjelaskan, bantuan bus kampus akan diberikan dalam tahun ini.  Selain IAIN Cirebon, beberapa yayasan dan Pemerintah Daerah (Pemda) juga mendapatkan bantuan angkutan umum. “Ada di beberapa kota juga sedang kita lakukan (beri bantuan bus, red),” tambahnya.

Sementara itu, Wakil Rektor III IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Dr H Ilman Nafi’a MAg menjelaskan, hingga saat ini pihaknya terus melakukan kordinasi terkait realisasi bantuan bus. Pasalnya, pihak Kemenhub juga belum bisa memastikan kapan bantuan itu turun.  “Terus kordinasi. Karena beliau (Irjen Budi, red) baru pulang dari luar negeri, jadi belum sempat mengurus persuratannya. Kita harapkan segera,” ujar dia.

Terkait pengelolaannya, bus bantuan Kemenhub akan diserahkan sepenuhnya ke Bagian Umum. Bus tersebut bakal diperuntukan bagi warga kampus, baik mahasiswa, dosen maupun karyawan untuk menunjang kegiatan pembelajaran di kampus.

Ilman menjelaskan, IAIN Cirebon masih punya dua bus kampus. Saat ini hanya satu saja yang masih difungsikan. “Yang satunya sudah tidak bisa difungsikan karena rusak,” ujar Ilman..

Sementara, IAIN Cirebon punya 3 fakultas. Pihaknya berencana bakal kembali mengajukan bantuan bus kampus agar menggenapi bisa diperuntukan untuk tiap fakultas. “Kami ingin masing-masing fakultas juga punya bus kampus,” tukas dia. (wan)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "IAIN Cirebon dapat Bantuan Bus Kampus dari Kemenhub"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus