Rektor Sumanta : PBAK Hantarkan Maba IAIN Sukses Kuliah


RAKYATCIREBON.CO.ID - Kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) bagi mahasiswa baru (maba) IAIN Syekh Nurjati memasuki hari terakhir, Kamis (22/8). Pusat kegiatan dilangsungkan di Stadion Madya Bima.

Meski terik, maba terlihat antusias mengikuti rangkaian kegiatan. Mulai dari people mob, pengenalan unit-unit kegiatan mahasiswa hingga inagurasi yang dimpimpin Wakil Rektor III, Dr H Ilman Nafi'a MAg. Selain itu juga digelar carnaval pakaian adat. Mereka bakal mengelilingi sejumlah ruas jalan di sekitar kampus.

Ilman mengatakan, rangkaian kegiatan PBAK dimulai Senin (19/8). Melalui kegiatan tersebut diharapkan maba bisa lebih cepat beradaptasi di lingkungan kampus. Sehingga proses pembelajaran di kampus bisa lebih efektif.

"Diharapkan mereka bisa lebih cepat mengenal lingkungan kampusnya. Juga membaur dengan lingkungan sosial di sekitarnya," ujar dia.

Sementara itu, Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Dr H Sumanta Hasyim MAg menegaskan, PBAK tahun berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Keterlibatan mahasiswa senior dalam memandu maba mengikuti PBAK diharapkan menjadi katalisator proses adaptasi.

Di samping itu, konten acara PBAK dirancang lebih efektif, santai namun menyentuh esensi. Sumanta ingin, usai mengikuti PBAK, maba dapat langsung menemukan ritme belajarnya di IAIN. Hal itu sangat mempengaruhi keberhasilan dalam menjalani proses perkuliahan.

"Tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Kalau duli kuliah dengan waktu yang lama itu dianggap lebih matang sehingga ada yang sampai 6 tahun, 7 tahun. Sekarang harus diubah mindsetnya, kuliah lebih cepat lebih baik. Bisa lebih cepat berkiprah di masyarakat," tukasnya. (wan)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Rektor Sumanta : PBAK Hantarkan Maba IAIN Sukses Kuliah"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus