PTKIN Songsong Era 4.0


RAKYATCIREBON.CO.ID - Para pimpinan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) berkumpul di Forum Group Discussion (FGD) di Grage Hotel Cirebon, Rabu (14/8) malam. Mereka membahas perencanaan program strategis di 2020. 

Ketua Pelaksana, Dr H Adib MAg mengungkapkan, salah satu fokus FGD ialah persiapan PTKIN dalam menghadapi tantangan zaman. Era teknologi membuat kampus-kampus Islam di bawah naungan Kementerian Agama ini bersiap diri agar siap memenuhi kebutuhan masyarakat. 

"PTKIN dari berbagai daerah berkumpul di Cirebon mendiskusikan program prioritas untuk peningkatan daya saing baik di tingkat regional maupul global. Membincang antisipasi tantangan perguruan tinggi ke depan terutama tantangan 4.0," ujar pria yang juga Wakil Rektor II IAIN Syekh Nurjati Cirebon ini. 

Adib menambahkan perlunya sinergi antar PTKIN. Sebagai ujung tombak moderasi keilsaman di nusantara, masing-masing PTKIN punya peran penting. Salah satunya menyiapkan program prioritas yang mendukung terciptanya SDM atau lulusan unggul di bidang keagamaan, moderat dan terampil di bidang keilmuan masing-masing. 

"Harapannya, IAIN Cirebon sebagai salah satu PTKIN, bisa memperkenalkan program yang sudah diprioritaskan dan yang sudah direncanakan bisa terwujud di 2020," tambah dia.

Senada Rektor IAIN Cirebon, Dr H Sumanta Hasyim MAg mengulas, pihaknya sudah merancang program prioritas di 2020. IAIN Cirebon, kata Sumanta, tengah fokus pada pengembangan infrastruktur sebagai batu loncatan untuk menciptakan suasana pembelajaran yang representatif. 

Tugas-tugas besar itu, lanjut Sumanta, memerlukan perencanaan matang. "Saya apresiasi kerja tim perencanaan. Mereka kerja tak kenal waktu. Karena tuntutan terhadap ketepatan waktu. Pekerjaan berat harus dengan kecermatan," tukas dia. 

Sementara itu, Kabag Perencanaan Anggaran pada Sub Dirjen Pendis Kemenag, Drs Ridwan MPd, perencanaan program prioritas PTKIN harus matang. Apalagi tahun 2019 jadi tahun sulit. Perubahan regulasi dan efesiensi anggaran PTKIN diberlakukan oleh Kementerian Keuangan. "Makanya harus betul-betul dikordinasikan," singkatnya. 

Ketua Forum Perencanaan PTKIN, Suhaimi MPd mempertajam, aktivitas di forum perencanaan bertujuan untuk meningkatkan perencanaan dan penganggaran. PTKIN yang dipilih sudah ketitipan anggaran. "Anggaran ini bisa digunakan PTKIN untuk peningkatam mutu kampus," tukas dia. (wan)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "PTKIN Songsong Era 4.0"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus