Poltekpar Prima Siap Cetak SDM Kepariwisataan Berstandar Internasional


RAKYATCIREBON.CO.ID –  Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Prima Internasional resmi dibuka. Grand openingnya dilangsungkan Rabu (21/8) dipimpin Kepala LLDIKTI Wilayah IV Jawa Barat, Prof Dr Uman Suherman AS MPd. Hadir sejumlah pejabat dari Kementerian Pariwisata, Pemda Jawa Barat, Pemda Kota Cirebon, pihak Keraton Kanoman  serta lembaga mitra Poltekpar Prima dari dalam dan luar negeri.

Izin pendirian Poltekpar Prima berdasarkan SK Menristekdikti Nomor 945/KPT/I/2018 yang sudah diserahkan LLDIKTI ke pihak Yayasan Prima Ardian Tana selaku penaung Poltekpar Prima. Proses penerimaan mahasiswa baru akan dimulai 1 September 2019.

Ketua Dewan Pembina Yayasan Prima Ardian Tana, Ir H Iman Taufik mengatakan, peresmian Poltekpar Prima menegaskan betapa besarnya potensi industri pariwisata di Jawa Barat. Lebih lagi didukung dengan program pemerintah pusat yang memprioritaskan pengembangan SDM salah satu di bidang kepariwisataan. 

“Poltekpar Prima Internasional menyelenggarakan pendidikan vokasi unggulan untuk industri pariwisata. Potensi industri pariwisata ini tidak main-main. Kami juga mendung program pemerintah 5 tahun mendatang yang mengembangkan SDM unggul,” ungkapnya kepada Rakyat Cirebon, kemarin. 

Mengusung visi specific, measurable, acheivable, realistic dan timely (SMART), Poltekpar Prima juga menjadi angin segar bagi industri pariwisata di Kota Cirebon. Yang mematok kunjungan 2 juta wisatawan. “Untuk mewujudkan ini semua perlu dukungan instansi dan stakeholder terkait,” ujar Iman. 

Iman melanjutkan, Poltekpar Prima bakal menerapkan langkah strategis. Yakni menyelenggarakan pendidikan vokasi profesioinal berskala internasional. Mendukung dan mendorong tumbuhnya ekonomi kreatif.  Mendukung perkembangnya industri pariwisata. Serta menjalin koneksi internasional dalam pengembangan kepariwisataan. 

Dari segi kurikulum, Poltekpar  Prima menerapkan ASEAN MRA Mutual Recognition Artangement (MRA) on Tourism Professionals. Programnya mencakup standar kompetensi ASEAN Common Compentency Standards for Tourism Profesionals (ACCSTP) hingga Common Asean Tourism Curriculums (CATC). 

Ada tiga Program Studi yang ditawarkan yakni D4  Pengelolaan PerhotelanD4 Pengelolaan Konvensi & Acara (MICE)dan D3 Perhotelan.
Ketua Himpunan Lembaga Pendidikan Tinggi Pariwisata (Hildiktipari) Suhendro Yono SH MM MPar menegaskan, pihanya menyambut baik hadirnya Poltekpar Prima Internasional. Menurut dia, untuk mencetak SDM pariwisata yang unggul dibutuhkan lembaga pendidikan pariwisata yang juga unggul. Poltekpar Prima dinilai sebagai salah satu yang siap. 

“Tema SDM unggulan untuk bidang pariwisata terjemahannya adalah pendidikan pariwisata. Oleh karenanya dibutuhkan lembaga pendidikan yang unggul. Karena pariwisata sudah isu industri terbesar di dunia. Sehingga outut dari Poltekpar Prima ini dibutuhkan,” ujar dia. 

Sementara itu, Kepala LLDIKTI Wilayah IV, Prof Dr Uman Suherman AS MPd menegaskan, tidak banyak perguruan tinggi di bidang kepariwisataan. Poltekpar Prima diharapkan mampu mengisi kebutuhan SDM pariwisata berstandar internasional. (wan)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Poltekpar Prima Siap Cetak SDM Kepariwisataan Berstandar Internasional"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus