Ke Lampung, Rektorat IAIN Cirebon Tegaskan Siap Jadi Green Campus




RAKYATCIREBON.CO.ID – Kabag Umum dan Humas IAIN Syekh Nurjati Cirebon Drs Imron Rosyadi MM didampingi Kasubbag Humas dan Publikasi Mohamad Arifin MPd menghadiri acara Lokakarya Nasional (Loknas) Kampus Keagamaan Berkelanjutan dengan tema Green Your Campus Green Your Life yang diselenggarakan UIN Raden Intan Lampung, Rabu- Jumat (14-16/8).

Hadir sebagai narasumber pada kegiatan ini yakni para pakar dan pimpinan dari UI Green Metric. Bahkan, Menteri Agama dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Republik Indonesia juga hadir pada acara tersebut

UI Green Metric selaku lembaga pemeringkat universitas dunia di bidang sustainability atau kampus hijau berwawasan lingkungan, menunjuk UIN Raden Intan Lampung sebagai tuan rumah Lokakarya Nasional UI Green Metric World University Rankings.

Hal tersebut didasari peringkat UIN yang cukup baik atas penilaian lembaga tersebut. Pada 2018, UIN Raden Intan Lampung berada pada peringkat 18 secara nasional dan peringkat 1 di lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN).

Rektor UIN Raden Intan Lampung Prof Dr Moh Mukri MAg menyambut baik pelaksanaan lokakarya nasional ini. Dia menyatakan, momentum tersebut sejalan dengan visi kampus yakni terwujudnya Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung sebagai rujukan Internasional dalam pengembangan ilmu keislaman integratif-multidisipliner berwawasan lingkungan tahun 2035.

Menurutnya, kegiatan tersebut dapat menjadi motivasi bagi seluruh sivitas akademik kampus dan diharapkan bisa menumbuhkan kesadaran hidup bersih dan sehat. Rektor juga mengajak untuk terus memupuk kesadaran hidup sehat dan peduli terhadap lingkungannya serta menjadikannya sebagai kebiasaan.

Tujuan diselenggarakannya lokakarya ini diantaranya untuk melakukan diseminasi kepada para pimpinan perguruan tinggi keagamaan Islam baik negeri maupun swasta, serta pimpinan perguruan tinggi umum lainnya mengenai upaya-upaya mewujudkan kampus yang berkelanjutan.

Kemudian, bertukar pengalaman antarkampus dalam upaya mewujudkan kampus hijau standar nasional dan internasional. Kegiatan ini juga juga sebagai promosi secara nasional tentang posisi terkini yang telah dilakukan UIN Raden Intan Lampung dalam mewujudkan kampus berkelanjutan dan target-target ke depan.

Sementara itu Kabag Umum dan Humas IAINSyekh Nurjati Cirebon Drs Imron Rosyadi  MM menyampaikan, green campus  sebetulnya IAIN Syekh Nurjati Cirebon sudah memiliki pandangan yang sama dengan  potensi yang dimiliki oleh IAIN Syekh Nurjati Cirebon, juga sudah banyak salah satu yang bisa dilihat adalah adanya program studi Biologi, yang sudah melakukan penghijauan di lingkungan kampus.

Kemudian unit kegiatan mahasiswa pencinta kelestarian alam sering melakukan kegiatan penghijauan juga kegiatan kehumasan yang melakukan penghijauan di lingkungan kampus. “Saya pikir IAIN Syekh Nurjati Cirebon siap untuk menjadi kampus hijau didukung oleh sarana dan prasarana yang ada,” ungkapnya. (wan)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Ke Lampung, Rektorat IAIN Cirebon Tegaskan Siap Jadi Green Campus"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus