LPM IAIN Bersiap Akreditasi Jurusan



RAKYATCIREBON.CO.ID - Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon mengadakan workshop penyusunan borang standar 9 sebagai instrument penilaian akreditasi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) yang dilaksanakan Kamis - Sabtu (4-6/7) di Apita Hotel, Kedawung, Kabupaten Cirebon.

Ketua LPM, Dr Hj Kartini MSi menjelaskan, kegiatan yang diikuti 74 peserta ini difokuskan untuk prodi-prodi yang submit borang standar 9 saja. Namun, pihaknya juga melibatkan prodi lain, pasalnya mereka dianggap perlu untuk memahami tentang standar yang akan menjadi penilaian kareditrasi kedepan. Karena standar penilaian tersebut telah mengalami perbuhan, yang sebelumnya 7 menjadi 9.

“Borang adalah isntrumen melinai daripada prodi yang akan dinilai oleh BANPT untuk akreditasi nantinya. Kami sudah ada beberapa prodi yang sudah submit akreditasi menggunakan standar 7 kemarin, tapi memang belum diverifikasi. Kalau untuk borang standar 9 itu beberapa prodi yang akreditasinya habis mengajukan barunya itu menggunakan borang standar 9,” ungkapnya kepada Rakyat Cirebon di sela kegiatan.

Melalui kegiatan ini, pihaknya menargetkan semua fakultas di IAIN Syekh Nurjati Cirebon dapat terakreditasi A, karena hal itu dapat mendongkrak akreditasi kampus tersebut. Untuk itu, pihaknya telah melakukan persiapan dengan membentuk gugus mutu jurusan dan tim penyusun borang di masing-masing prodi. Namun, batas akhir penyusunan borang tersebut setiap prodi berbeda, tergantung masa habis akreditasinya.

“Gugus mutu jurusan itu yang akan berkoordinasi dengan lembaga penjaminan mutu, karena gugus mutu ini adalah ujung tombak dari peningkatan kualitas yang ada di jurusan yang akan mendongkrak fakultas, jurusan, dan institusi juga. Dari sekarang mereka mulai penyususunan, karena borang standar 9 ini berbasis produk jadi kita akan berusaha mengikuti dan mengacu pada standar 9 tersebut. Untuk akreditasi itu dilakukan setiap 4 tahun sekali,” jelas Kartini.

Dalam kesempatan tersebut, dia berharap, kegiatan ini dapat memberikan wawasan kepada semua stakeholder yang terlibat dalam penyusunan borang. Sehingga mereka dapat menyusun standar tersebut dengan baik. Melalui akreditasi, lanjut dia, pihaknya berusaha menggenjot kualitas pendidikan di IAIN Syekh Nurjati Cirebon dapat terus meningkat ke arah yang lebih baik.

“Ini kami sedang melakukan persiapan jangkan pendek, jangka menengah, dan jangka panjangnya. Kami mengharapkan nilai akreditasi institusi ini menjadi A. Tahun 2018 kemarin kita pengennya dapet A tapi masih mendapat B. Melalui berbagai persiapan yang telah kami lakukan, kami akan genjot agar akreditasi ini bisa meningkat menjadi A,” tandasnya. (wan)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "LPM IAIN Bersiap Akreditasi Jurusan"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus