Bupati Indramayu Setuju Bangun Kampus Dua IAIN



RAKYATCIREBON.CO.ID – Gayung bersambut. Usulan IAIN Syekh Nurjati Cirebon terkait pembangunan kampus dua di Kecamatan Terisi, Indramayu direspon positif Pemerintah Daerah Indramayu. Senin (8/7), unsur pimpinan IAIN yang dimpimpin langsung Rektor Dr H Sumanta Hasyim MAg bertandang ke Pendopo Indramayu. Kedatang rombongan IAIN disambut Bupati Indramayu, Drs H Supendi MSi.

Pertemuan itu membuahkan manis. Pemda Indramayu menyetuji hibah tanah 18 hektare. Bentuk kerja sama tertuang dalam nota kesepakatan yang ditandatangi Bupati Indramayu dan Rektor IAIN. Selanjutnya, ajuan pengembangan kampus dua dibawa ke ruang sidang paripurna DPRD Indramayu untuk disetujui.

Rektor Sumanta menjelaskan, perlunya pengembangan kampus dua di Indramayu lantara melihat antusias masyarakat pesisir pantura dalam meniti pendidikan tinggi di IAIN terbilang tinggi. Untuk itulah, dia memandang, dengan pengembangan kampus dua, IAIN dapat memberi pelayanan pendidikan lebih optimal.

Pasalnya, pengembangan kampus dua di Indramayu diperuntukan bagi fakultas umum yang mendukung potensi sumber daya alam di daerah tersebut. Fakultas yang disebut-sebut bakal dibangun antara lain Fakultas Pertanian, Fakultas Perikanan hingga Fakultas Teknik Pertambangan. Namun, kata Sumanta, penentuan fakultas bakal dibahas lebih detil unsur pimpinan internal.

“Kami melakukan persiapan untuk pengambangan kampus kami, jumlah mahasiswa setiap tahunnya terus bertambah dan Indramayu dipilih sebagai tempat kampus dua kami,” tegasnya.

Sementara itu Bupati Indramayu Drs H Supendi MSi lebih detil mengatakan, pembangunan kampus dua IAIN ini direncanakan di Blok Ciputat Desa Cikawung Kecamatan Terisi atau dekat dengan exit tol Cikedung Cipali. Kerjasama tersebut merupakan komitmen Pemda Indramayu untuk terus meningkatkan kualitas SDM masyarakat Indramayu.

Supendi menambahkan, kawasan Cikawung saat ini merupakan kawasan yang paling banyak diminati oleh para investor karena semakin banyak pihak luar yang ingin berinvestasi di daerah tersebut.

Keberadaan kampus dua IAIN dinilai bakal memberi andil positif bagi pembangunan Indramayu di bagian barat. Apalagi nantinya akan banyak mahasiswa yang kuliah di kampus tersebut.

“Selama ini jumlah mahasiswa IAIN yang berasal dari Kabupaten Indramayu cukup besar, dengan adanya kampus 2 ini maka akan terjadi pergeseran mahasiswa. Selain itu ini akan menjadi perkembangan pesat karena berbatasan langsung dengan Majalengka,  Sumedang,  dan Subang,” tegas Supendi. (wan)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Bupati Indramayu Setuju Bangun Kampus Dua IAIN"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus