1196 Calon Mahasiswa Ikuti SPMB IAIN Cirebon



RAKYATCIREBON.CO.ID - IAIN Syekh Nurjati Cirebon menggelar Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Mandiri Tahun 2019, Rabu (17/7) di Gedung A hingga Gedung O kampus setempat. 

Seleksi yang diikuti 1196 calon mahasiswa baru ini dilakukan bertahap. Mulai dari tes kemampuan dasar (TKD) meliputi potensi akademik, kebahasaan, dan keislaman. Selanjutnya tes kemampuan bidang sesuai jurusan SMA asal, IPA atau IPS. Terakhir yakni tes baca tulis Alquran (BTQ). Semua tes dilakukan dengan sistem paper based test (PBT).

Kasubag Akademik IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Basiran MA mengungkapkan, SPMB Mandiri dilakukan sebagai tindak lanjut dari Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN) dan Ujian Masuk (UM) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) yang sudah dilakukan secara serentak di seluruh PTKIN pada Maret dan Mei 2019.

"Rangkaian SPMB Mandiri ini sudah dilakukan sejak 11 Juni sampai 5 Juli untuk pendaftaran online. Lalu melakukan pembayaran biaya pendaftaran Rp150 ribu dengan menyebutkan pendaftaran dan dari tanggal 28 Mei sampai 5 Juli. Lalu calon peserta mencetak kartu ujian. Kartu ini sebagai syarat agar bisa ikut ujian SPMB Mandiri hari ini (kemarin, red)," ungkapnya kepada Rakyat Cirebon, kemarin. 

Basiran mengatakan, hasil SPMB Mandiri bakal diumumkan pada Jumat (26/7) mendatang.

Wakil Rektor II, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Dr H Adib MAg mengungkapkan SPMB Mandiri diharapkan mampu menyeleksi calon mahasiswa terbaik IAIN. “Harapan kita lebih terseleksi yang masuk IAIN sehingga outputnya baik,” tukas dia. (wan)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "1196 Calon Mahasiswa Ikuti SPMB IAIN Cirebon"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus