Hipertensi Tak Terkontrol, Muncul Gagal Ginjal



RAKYATCIREBON.CO.ID - Hidup sehat saat ini sudah merupakan tren di kalangan umum Urban, banyak keuntungan yang bisa diperoleh khususnya untuk menjaga kesehatan organ organ tubuh. Salah satu penyakit kronis yang kerap diderita kaum urban adalah ginjal kronis, yang merupakan salah satu masalah kesehatan global.

Penyebab paling umum dari penyakit ginjal adalah diabetes dan hipertensi yang timbul dari gaya hidup yang malas bergerak, perubahan diet atau kebiasaan pola makan yang salah dan bertambahnya usia.

"Sayangi Ginjal Anda" pernah dibahas dalam media gathering yang diadakan Siloam Hospitals dalam rangka Hari Ginjal Sedunia pada 14 Maret 2019, yang dibawakan oleh dr Denny Emilius selaku Resident Medical Officer.

Lebih dalam dijelaskan oleh dr Denny, yaitu mengenai pentingnya menjaga fungsi ginjal dan mengontrol tekanan darah dan diabetes dalam mencegah progresivitas kerusakan pada ginjal.
"Untuk mencegah penyakit yang menyebabkan kerusakan organ tubuh setiap orang mulai kini harus sadar akan makanan sehat dan pentingnya rutin berolahraga", sarannya.

"Kasus pasien gagal ginjal meningkat seiring berjalannya waktu setiap bulan muncul 4 sampai 5 kasus yang mana sampai saat ini ada ratusan pasien yang terdiagnosa mengalami gagal ginjal, dan puluhan pasien (40) yang melakukan cuci darah rutin setiap bulannya di SHBN," tambahnya.

Pemicunya disebabkan oleh faktor tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol dan penggunaan obat-obatan jangka panjang yang bersifat nefrotoksik. Serta adanya faktor bawaan yang sudah lanjut usia dan adanya kista pada ginjal, bahkan genetik.

Gejala yang timbul pada umumnya saat pasien datang ke rumah sakit dengan kondisi sesak nafas, muntah-muntah, bengkak pada pergelangan kaki, serta didapatkan anemis atau kadar HB menurun, kemudian diikuti dengan hasil pemeriksaan ureum dan kreatin yang menunjukkan ke arah fungsi ginjal yang menurun, jelasnya.

“Untuk itu kami (SHBN) ikut berperan dalam melakukan pencegahan yaitu; seperti melakukan penyuluhan mengenai pentingnya menjaga ginjal dan pentingnya untuk rutin memeriksakan diri ke dokter dalam mengevaluasi fungsi ginjal,” tutup dr Denny.(rls)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Hipertensi Tak Terkontrol, Muncul Gagal Ginjal"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus