Sidang Money Politics Pertama


RAKYATCIREBON.CO.ID-Pengadilan Negeri Kuningan menggelar sidang perdana kasus money politics pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kuningan, di Ruang Sidang Subekti PN Kuningan, Selasa (3/4). Kasus politik uang yang pertama di Kabupaten Kuningan ini menghadirkan Misbah bin Suta sebagai terdakwa, yang diduga pendukung pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kuningan nomor urut 2, H Dudy Pamuji-H Udin Kusnaedi.

Agenda persidangan adalah pembacaan dakwaan dan pemeriksaan saksi yang dihadirkan Jaksa Penuntut Umum, Yon Yuviarsa SH dan Dian Subdiana SH. Sidang yang diagendakan pukul 09.00 Wib sempat molor satu jam, bahkan setelah siding dimulai kemudian kembali diskor dan dilanjutkan pukul 13.00 WIB.

Terdakwa bernama Misbah Bin Suta (Alm) selaku Sekretaris DPC PAN Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan berdasarkan Surat Keputusan (SK) Ketua DPD PAN Kabupaten Kuningan Nomor :PAN/10.18/A/Kpts/K-S/031/II/2016 tanggal 2 Februari 2016, pada tanggal 5 Maret 2018 atau setidaknya pada tahun 2018, bertempat di rumah Saksi Dedeng Bin Dadang (Alm) di Dusun Pahing, RT 03/RW 002.

Terdakwah diduga melakukan perbuatan melawan hukum menjanjikan atau memberikan uang sebesar Rp25.000,00 (dua puluh lima ribu rupiah) atau materi lainnya sebagai imbalan kepada warga baik secara langsung ataupun tidak langsung untuk mempengaruhi pemilih agar memilih calon tertentu Pasangan calon Bupati Kuningan Dudi dan Wakil Bupati Kuningan H Udin Kusnaedi dari nomor urut 2. 

“Misbah menjalani sidang perdananya dalam perkara karena memberikan uang untuk mendukung pasangan calon tertentu,” kata JPU Yon Yuviarsa SH.
Dalam persidangan ini, Jaksa  menyebutkan, tindakan yang dilakukan terdakwa merupakan pelanggaran karena menodai demokrasi dan pilkada yang harusnya berlangsung jujur dan adil.

Sidang perdana ini, memeriksa saksi, diantaranya yaitu saksi Dedi Awang S bin Juma, Ahmad Saepul Hadi, saksi Entin, Nunung Nurwati dan Yayu Binti Sanusi

Rencananya, persidangan akan berlangsung maraton, dan akan dilanjutkan dengan agenda pembelaan terdakwa atas perkara yang menjerat terdakwa Misbah.(ale)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Sidang Money Politics Pertama"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus

loading...