Penebangan Mangrove Pantai Tiris Memanas



RAKYATCIREBON.CO.ID - Dua kelompok berseteru penebangan batang dan ranting pohon mangrove yang terdapat di kawasan Pantai Tiris, Blok Tegur, Desa Pabean Ilir, Kecamatan Pasekan. Kepolisian Resor Indramayu yang merespons perseteruan itu membawa persoalannya untuk diselesaikan dalam Forum Group Diskusi (FGD).
Informasi yang berhasil dihimpun, perseteruan tersebut terjadi antara kelompok Junaedi dengan kelompok Wardaya terkait penebangan batang dan ranting pohon mangrove. Sehingga pada Selasa (3/4) malam dilaksanakan FGD dengan mengundang dua kelompok yang berseteru untuk menyelesaikan permasalahannya. Pihak yang berseteru adalah kelompok Junaedi yang menanam dan yang melakukan penebangan yakni kelompok Wardaya.
Kelompok Junaedi awalnya melaporkan kejadian penebangan pohon mangrove sebagai tindakan pengrusakan kepada pihak Perum Perhutani Indramayu yang kemudian mengundang dua kelompok tersebut. Lalu keterangan dari kelompok Wardaya menerangkan penebangan yang dilakukan bukan tindakan pengrusakan, melainkan pemeliharaan.
"Setelah ada keterangan dari kedua pihak, dapat disimpulkan telah terjadi perselisihan paham atau kesalah pahaman," jelas Kapolres Indramayu, AKBP Arif Fajarudin melalui Wakapolres, Kompol Ricardo Condrat Yusuf, Rabu (4/4).
Dari musyawarah dalam FGD yang berlangsung di Aula Patria Tama Polres Indramayu itu disepakati beberapa poin oleh kedua kelompok. Yakni dua kelompok yang sama-sama dari Desa Pabean Ilir sepakat menjadi satu, tidak terpecah belah. Kemudian menyepakati tidak akan melakukan penguasaan atas tanah yang akan dijadikan obyek wisata.
"Dua kelompok juga sepakat untuk menjaga keamanan dan kondusivitas di wilayah Kecamatan Pasekan," terangnya diamini Kabag Ops, Kompol Bendi Ujianto dan Kasat Intelkam, AKP Sudiro.
Hadir dalam musyawarah FGD, perwakilan Perum Perhutani, Kapolsek Pasekan Iptu Maman Suherman, Mantri Perhutani Rusnata, Pembina Perhutani AKP Wikarti, Kuwu Desa Pabean Ilir beserta pamong, serta Bhabinkamtibmas dan Babinsa Pabean Ilir. (tar)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Penebangan Mangrove Pantai Tiris Memanas"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus

loading...