Metropolitan Cirebon Masih Belum Layak



RAKYATCIREBON.CO.ID – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) menilai infrastruktur untuk mewujudkan percepatan pembangunan di kawasan Metropolitan Cirebon belum mendukung. Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemprov Jabar, Edi Nasution mengatakan, dua infrastruktur pendukung yang paling menonjol ini adalah soal sampah serta kondisi air tanah.

Menurutnya, seluruh infrastruktur untuk mempercepat pembangunan di kawasan tersebut harus dilakukan secara komprehensif, sebab kawasan Metropolitan Cirebon yang sudah ditetapkan oleh Pemprov Jabar ini hanya akan menjadi slogan semata jika tidak didukung oleh infrastruktur yang mendukungnya.

“Saya lihat di Kabupaten Cirebon memang demikian, di mana sampah serta air bersih masih belum tertata dengan baik, tentu saja ini akan menghambat percepatan pembangunan di kawasan tersebut,” kata Edi usai rapat koordinasi terkait percepatan pembangunan di kawasan Metropolitan Cirebon, Rabu (4/4) malam di pendopo Bupati Cirebon.

Pada rapat itu, Pemprov Jabar mengumpulkan perwakilan kepala daerah dari wilayah lain, termasuk Kota Cirebon, yang sama-sama tergabung ke dalam kawasan Metropolitan Cirebon ini. Kawasan Metropolitan Cirebon sendiri merupakan program percepatan pembangunan dan terintegrasi di wilayah III Cirebon.

Edi menambahkan, Pemprov Jabar sebetulnya tidak tinggal diam untuk mengatasi persoalan kekurangan infrastruktur tersebut. Sebab, tempat pembuangan sampah akhir di Kecamatan Ciwaringin akan segera digagas oleh Pemprov Jabar.

“Detail Engineering Desain untuk TPA di Kecamatan Ciwaringin sudah kita buat, tinggal proses selanjutnya saja dan kita serahkan prosesnya kepada Pemerintah Kabupaten Cirebon,” tukas Edi.

Sementara itu, soal air bersih, Edi menilai cakupannya di Kabupaten Cirebon masih relatif rendah. Sebab, sebagian besar masyarakat masih menggunakan air tanah. Sementara jika air tanah terus terkikis, maka tinggi muka daratan akan semakin rendah. Hal ini akan menyebabkan bencana banjir dalam waktu jangka waktu yang lama.

Plt Bupati Cirebon Selly Andriyani Gantina mengatakan, TPA regional untuk mempercepat pembangunan di kawasan ini pada tahun 2018 akan dimulai proses pembebasan lahan. 

“Setelah itu, pada 2019 akan dimulai tahapan fisiknya, kita sendiri berharap pada proses pembebasan lahannya bisa berjalan lancar, sehingga pelaksanaan fisiknya tidak akan menemui hambatan,” tutur Selly.

Selly menambahkan, selain sampah dan air bersih, satu hal lagi yang utama untuk mempercepat pembangunan di kawasan ini adalah soal infrastruktur jalan.

“Tiga hal itu yang paling utama untuk mempercepat pembangunan tersebut. Dan ini harus terintegrasi dengan kawasan lainnya yang tergabung ke dalam kawasan Metropolitan Cirebon. Makanya malam ini juga (kemarin) saya sudah minta kepada kepala dinas teknis untuk segera merealisasikan dan menambal apa saja yang kurang untuk percepatan pembangunan ini,” tuturnya. (yog)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Metropolitan Cirebon Masih Belum Layak"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus

loading...