KPR Lesu!


RAKYATCIREBON.CO.ID – Branch Manager BTN Cirebon, Arief Wijanarko memaparkan penjualan rumah kredit perumahan rakyat (KPR) pada triwulan pertama 2018 mengalami  penurunan dibanding periode yang sama pada tahun sebelumnya.

KPR yang terealisasi tak mencapai target. Hanya menyentuh 90 persen dari tahun lalu. Arief membeberkan, terjadinya penurunan penyaluran KPR lantaran, para pengembangan menunda penggarapan proyek perumahan baru.

“Penjualan secara total sampai dengan Maret kami tinggi, sudah 90 persen.  Walaupun tidak setinggi tahun lalu, karena pada bulan Januari stok kami belum banyak, ditambah pengembang memilih menunda dulu,” ungkap Arif, kemarin.

Arief menyampaikan, di triwulan pertama 2018, penjualan rumah KPR didominasi pengembangan proyek yang dilakukan sebelum Maret 2018. Di mana, pengembang masih berani menggarap proyek tanpa terpengaruh aturan-aturan yang mengikat.

Biasanya, penjualan rumah KPR di triwulan pertama tiap tahunnya juga dibarengi dengan penjualan rumah KPR proyek-proyek baru. “Kami masih mengandalkan pengembangan di awal tahun saja, karena yang baru-baru belum ada,” ujarnya.

Celakanya, stok rumah KPR yang dibangun sebelum Maret tinggal sedikit. Stok yang tersisa berskala unit, bukan lagi per lokasi. Hal ini, kata Arief, besar kemungkinan membuat target penjualan BTN tahun ini gagal terealisasi.

“Realisasi harga yang Rp230 juta, stok kami tinggal sedikit, itupun untuk pengembangan di tahun 2017. Masih terus dijual sampai sekarang tidak dibatasi sampai April atau Maret. Untuk yang ready stock, tarmasuk yang harganya di bawah Rp123 juta,” papar Arief.

Ia memperdiksi, kekosongan pengembangan perumahan baru bakal berlangsung selama empat bulan. Selama itu, Arief bersama para pengembang terus lakukan konsolidasi dengan pemangku kebijakan untuk merumuskan jalan tengah.

“Developer sudah menggunakan spek yang sesuai. Saat ini bisa diatasi keluhan itu, kami akan terus ngobrol dengan teman-teman pengembang untuk mencari titik tengah,” katanya. (wan)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "KPR Lesu!"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus

loading...