Gabah Kering Giling Terlalu Murah


RAKYATCIREBON.CO.ID - Para petani di Kabupaten Majalengka mengeluhkan rendahnya harga gabah kering giling (GKG) selama musim panen raya padi Februari hingga Maret kemarin. Rendahnya harga GKG membuat para petani Majalengka banyak menjual hasil panen padi mereka ke luar daerah.

Menurut Anang (45), petani padi di Kecamatan Jatitujuh,  harga GKG di tingkat petani di daerahnya rata-rata Rp4.300/kg. Sedangkan harga beras produksi lokal di daerah itu Rp7.500/kg.

“Harga GKG di Jatitujuh ini terlalu rendah. Di daerah lain, seperti Indramayu harga GKG sudah ada yang mencapai Rp5.500/kg. Semestinya harga GKG di Jatitujuh minimal Rp5.000/kg agar petani bisa mendapat untung lumayan,” katanya.

Menurut para tengkulak, hingga saat ini pihak Bulog juga belum membeli GKG dan beras petani di daerah itu karena harga GKG dan beras petani dinilai terlalu tinggi. Harga pembelian GKG Bulog hanya Rp3.400/kg dan harga beras Rp7.300/kg. Sedangkan harga GKG petani di pasaran sebesar Rp 4.300/kg dan harga beras Rp7.500/kg.

Hal senada diakui Suratman (50), petani Desa Babajurang kecamatan Jatitujuh. Para petani di daerah itu mengeluh karena harga GKG relatif rendah selama dua bulan terakhir.

“Kalau harga GKG berkisar Rp4.000/kg sampai Rp4.500/kg, petani merugi. Kami rugi bila dihitung besarnya biaya mengolah lahan, menanam padi, pemupukan dan panen. Minimal harga GKG di Jatitujuh ini Rp5.000/kg agar petani bisa balik modal,” katanya.

Rendahnya harga GKG di Kabupaten Majalengka karena pembelian hasil panen petani padi dikuasai tengkulak. Bulog tidak mampu membeli GKG petani daerah ini.

“Karena hanya tengkulak yang membeli GKG petani, terpaksa kami petani tetap menjual, kendati harga murah,” katanya.

Suratman menambahkan untuk mengatasi rendahnya harga GKG di wilayahnya, para petani yang bermodal banyak menjual GKG mereka ke daerah Indramayu. Harga GKG di perbatasan Majalengka-Indramayu ada yang mencapai Rp5.500/kg.(hsn)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Gabah Kering Giling Terlalu Murah"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus

loading...