Angkatan Kerja Capai Separuh Jumlah Penduduk



RAKYATCIREBON.CO.ID - Jumlah angkatan kerja usia 15 sampai 64 tahun di Kabupaten Indramayu tahun 2017 sebanyak 1.349.113 jiwa. Angka ini menyentuh 52,64 persen dari total jumlah penduduk yang tercatat sebanyak 1.845.205 jiwa.

Data tersebut menjadi bagian dalam Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) bupati Indramayu tahun 2017 yang disampaikan Sekertaris Daerah Ahmad Bahtiar. Bahwa pertumbuhan angkatan kerja setiap tahunnya mengalami peningkatan bersamaan dengan laju pertumbuhan penduduk. Dan untuk meningkatkan kualitas calon tenaga kerja, pada 2017 lalu dialokasikan anggaran untuk program peningkatan kesempatan kerja, pengembangan kewirausahaan, serta peningkatan kualitas dan produktivitas tenaga kerja.

Program-program tersebut meliputi pelatihan berbasis kompetensi dengan sasaran 64 orang, pelatihan berbasis masyarakat sasarannya 60 orang dan kewirausahaan menyasar 20 orang.

Hal itu disikapi Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (F-PKS) DPRD Kabupaten Indramayu. Dengan angka serapan 90,57 persen atau anggaran sebesar Rp1,8 miliaran berpotensi timbul ancaman ledakan pengangguran terbuka. "Atau usia produktif yang tidak bekerja pada akhirnya akan mempengaruhi kemampuan daya beli masyarakat. Karena tidak memiliki kemampuan secara ekonomi," jelas Ketua F-PKS, H Ruswa MPdI.

Di sisi lain, Indramayu merupakan daerah pengekspor tenaga kerja yang cukup besar. Sehingga bisa mendatangkan devisa, namun memiliki resiko yang besar apabila keberadaan TKI dan CTKI tidak dikelola dengan benar melalui balai latihan kerja.

Diungkapkan, data dan fakta pada tahun 2016 angkatan kerja di Kabupaten Indramayu didominasi oleh penduduk yang tidak tamat Sekolah Dasar (SD)sebanyak 34,29 persen. Dan hanya lulus SD sebanyak 26,35 persen. Jika angka tersebut dijumlahkan, maka hasilnya diketahui lebih dari separuh penduduk angkatan kerja di Kabupaten Indramayu.

"Ini artinya angkatan kerja di Kabupaten Indramayu masih rendah, baik kualitas atau skill. Fraksi PKS mendorong agar ada fokus kegiatan terhadap pengembangan kewirausahaan, kemudian peningkatan kualitas dan produktivitas tenaga kerja," tandasnya. (tar)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Angkatan Kerja Capai Separuh Jumlah Penduduk"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus

loading...