Waspadai Ikan Kaleng Bercacing



RAKYATCIREBON.CO.ID - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Majalengka bersama Dinas Perdagangan, melakukan melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di sejumlah swalayan yang ada di Majalengka pada Selasa, (26/3). Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi peredaran ikan kaleng yang mengandung cacing, di mana sebelumnya ditemukan di Kepulauan Riau.

Kepala bidang kefarmasian dan sapras kesehatan Dinkes kabupaten Majalengka Sumartono SKM Mars didampingi distric food inpector (DFI) Drs Rian Patriana mengatakan, sidak dilakukan sebagai tindak lanjut penemuan produk sarden kaleng yang mengandung cacing di daerah Riau beberapa waktu lalu.

"Kami turun ini untuk memantauan peredaran ikan kaleng yang diduga mengandung cacing, sesuai dengan edaran yang dikeluarkan oleh BPOM pusat, beberapa waktu lalu ditemukan di Riau, jadi hari ini kita tindak lanjuti itu, jangan sampai hal itu ada di Majalengka," katanya.
Lanjut, dia menjelaskan, bahwa pencegahan peredaran lebih jauh produk ikan sarden kalengan dari 3 merek itu dilakukan mengingat kandungan cacing dalam makanan sangat rentan membahayakan kesehatan para konsumen.

"Hasil uji laboratorium Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan BPOM Pusat itu menemukan ikan sarden kalengan merek Farmer Jack, IO dan Hoki positif mengandung cacing, itu sekarang yang kami cari dibeberapa swalayan yang ada di kabupaten Majalengka. Tadi kami juga sudah kordinasi dengan pimpinan swalayan menyapaikan itu," ujarnya.

Lebih lanjut Sumartono menambahkan, pihaknya tak segan untuk menindak tegas para produsen yang kedapatan memperjualbelikan sarden yang mengandung cacing ke pasaran.
"Sejauh ini tadi kita pantau sedikitnya beberapa swalayan besar belum ada kita temukan yang dimaksud itu," tandasnya.

Untuk itu, dia berharap kepada seluruh masyarakat dan para peodusen yang menemukan produk sarden kalengan yang mengandung cacing bersifat parasit Anisakis segera melaporkan ke pihaknya.

"Untuk Majalengka sendiri masih aman, tapi kami imbau kepada seluruh masyarakat agar tetap berhati hati, tetap diperiksa dulu sebelum dikomsumsi," jelasnya.

Sidak di lapangan, pihaknya hanya menemukan ikan dalam kaleng yang kemasannya penyok dan mendekati kadaluarsa. Untuk itu pihak Dinkes mengimbau untuk segera dilakukan penarikan dari peredaran. 

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Majalengka, H Alimuddin SSos MM MMkes menambahkan, hingga saat ini di wilayah Majalengka belum ada aduan atau temuan terkait hal tersebut. Namun pihaknya mengantisipasi dengan menggelar sidak di beberapa swalayan.

"Alhamdulillah sampai hari ini di kita masih kondusif belum ada temuan. Sidak tadi hanya untuk mencegah saja," ujarnya.(hsn)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Waspadai Ikan Kaleng Bercacing"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus

loading...