Warga Jangan Golput dalam Pilgub



RAKYATCIREBON.CO.ID- Jumlah Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jawa Barat 2018 di Kabupaten Indramayu sebanyak 1.326.771 pemilih. Masyarakat yang tercatat, diminta tidak golput.

Jumlah tersebut sudah ditetapkan dalam rapat pleno terbuka yang dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Indramayu pada Jumat (16/3) lalu.

Ketua KPU Kabupaten Indramayu, Murtiningsih Kartini SH MH didampingi Komisioner Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, Erwanto Amd mengatakan, dalam rapat pleno tersebut ditetapkan 1.326.771 pemilih yang tersebar di 31 kecamatan. Adapun Tempat Pemungutan Suara (TPS) sebanyak 2.841 dengan cakupan meliputi 317 desa/kelurahan. "Untuk laki-laki 658.960 dan perempuan 667.811," jelasnya.

Sebelum penetapan DPS, sebanyak 2.974 Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) dikerahkan untuk melaksanakan pencocokan dan penelitian (coklit). Tahapan itu berlangsung mulai 20 Januari hingga 18 Februari 2018 lalu. Hal itu untuk memastikan secara benar dan didasari data pada KTP-el atau Surat Keterangan (Suket) dan Kartu Keluarga (KK).

Sementara itu, Sekertaris Daerah Indramayu, H Ahmad Bahtiar SH berharap, DPS yang disajikan sesuai fakta hasil coklit. Sehingga semua masyarakat yang memiliki hak pilih dapat terakomodir. Karena Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) langsung dari Kemendagri, pemerintah daerah tidak memiliki kewenangan untuk menerbitkannya. "Selama ini selalu saja sulit menemukan data kependudukan yang valid, data lama selalu digunakan. Tapi mudah-mudahan tidak ada masalah," ungkapnya.

Disampaikan, dalam agenda politik semua pihak diimbau agar bersikap komunikatif, tidak menempatkan diri pada posisi konfrontatif. "Kalau ada persoalan bisa dikomunikasikan, musyawarah sesuai perundang-undangan. Dan dalam rangka menjaga kondusivitas daerah, tidak mungkin tidak ada masalah yang tidak bisa diselesaikan," tandasnya. (tar)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Warga Jangan Golput dalam Pilgub"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus

loading...