Warga Cibingbin Tolak Tambang Batu


RAKYATCIREBON.CO.ID- Untuk mencegah kerusakan lingkungan, masyarakat Desa Cipondok Kecamatan Cibingbin, Kabupaten Kuningan, menolak keberadaan tambang batu di desanya, penolakan disampaikan oleh warga dalam pertemuan di balai Desa setempat, kemarin.

Dalam pertemuan sosialisasi tambang batu yang dihadiri oleh Kepala Desa Cipondok Eni Jumheni, warga dengan tegas menolak keberadaan tambang yang lokasinya di atas bukit atau sebelah timur lapangan volybal cibodas.

"Kami bersama masyarakat dengan tegas menolak rencana tambang batu yang akan dilakukan oleh PT Pandu, karena dampak yang akan ditimbulkan oleh perusahaan tambang batu itu nantinya masyarakatlah yang akan menjadi korbannya," kata Rudi didalam hearing tersebut.

Rudi menjelaskan, dirinya menyayangkan pihak perusahaan yakni PT Pandu tidak hadir dalam sosialisasi ini, padahal warga ingin meminta kejelasan dari pihak perusahaan.

"Belum beraktifitas saja sudah terjadi longsoran yang menimpa rumah warga, apalagi jika nanti sudah beroperasi, dampaknya banyak sekali,” ujar Rudi yang didampingi bapak Uga.

Selain itu, menurut Uga, masyarakat setempat mengkhawatirkan terjadinya hal-hal yang akan merugikan masyarakat. Perusahaan yang diketahui belum memiliki izin lingkungan tersebut.

"Kami bersama warga lainnya dengan tegas menolak keberadaan tambang batu, ini jelas akan merusak lingkungan, apalagi belum lama ini Kecamatan Cibinbin dilanda banjir,” jelasnya.

Ditambahkan Uga, keasrian gunung sangge harus dipertahankan. Gunung sangge ini merupakan simbol bagi masyarakat setempat. Keberadaannya harus dipertahankan.

“Kami pun akan memegang pernyataan ibu kades yang tidak menolak dan tidak mendukung keberadaan lokasi tambang batu, yang jelas perusahaan tidak mengantongi izin lingkungan,” tandasnya.

Dalam pertemuan tersebut, warga akan mengadu ke DPRD Kuningan jika aspirasinya tidak didegar dan perusahaan tetap menjalankan operasi tambang batu di Desanya. Selain itu ketidakhadiran dari pihak perusahaan yang beralasan sakit, membuat sebagian warga kecewa.(ale)

Dapatkan berita terkini:

1 Response to "Warga Cibingbin Tolak Tambang Batu"

  1. Setiap galian C pasti merusak apapun alasannya

    BalasHapus

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus

loading...