Warga Cempeh Sulit Penuhi Kebutuhan Air Bersih



RAKYATCIREBON.CO.ID - Kebutuhan air bersih bagi warga di Desa Cempeh, Kecamatan Lelea hingga saat ini masih belum dapat terpenuhi. Atas kondisi ini diharapkannya dibangun hydran umum, karena sumber air yang ada selalu berbau lumpur dan hambar.

Salah seorang warga setempat, Weri (36) menuturkan, selama ini sangat sulit untuk memenuhi kebutuhan air bersih setiap harinya. Kondisi ini dihadapkan dengan sumber air di desanya banyak yang berbau lumpur dan hambar. Sehingga masyarakat mengandalkan air isi ulang kemasan galon yang terpaksa harus dibelinya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, terutama untuk air minum.

Untuk itu, warga berharap dibangun hydran umum sebagai fasilitas pemenuhan air bersih. Dengan demikian kesulitan yang selama ini dihadapi dapat teratasi dan faktor kesehatan bisa lebih baik. "Airnya untuk minum gak enak rasanya. Jadi ya beli air galon isi ulang," kata dia, Rabu (28/3).

Menyikapi kondisi tersebut, Komando Distrik Militer (Kodim) 0616/Indramayu berencana akan memberikan solusi bagi masyarakat di Desa Cempeh. Melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-101 yang akan dilaksanakan awal April mendatang, pembuatan hydran umum menjadi salah satu kegiatan prioritas untuk mengatasi kesulitan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan air bersih. "Ada keluhan dari masyarakat terkait air bersih, nanti akan dibangun hydran umum," tegas Komandan Kodim 0616/Indramayu, Letkol Kav Agung Nur Cahyono.

Disampaikannya, hydran umum merupakan cara pelayanan air bersih yang distribusinya melalui jalur perpipaan atau diangkut menggunakan truk tangki khusus. Adapun sumber airnya dari perusahaan air minum atau sumber mata air yang ditentukan.


"Air adalah unsur penting yang sangat berpengaruh bagi makhluk hidup. Peran air tidak dapat pernah tergantikan bagi kehidupan. Kami akan berperan untuk selalu berbuat yang terbaik bagi masyarakat, sehingga masyarakat bisa hidup dengan sejahtera," tandasnya. (tar)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Warga Cempeh Sulit Penuhi Kebutuhan Air Bersih"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus

loading...