Tumpukan Sampah Meluber Lagi



RAKYATCIREBON.CO.ID- Pasca banjir, kondisi sampah di Ciledug meluber hingga menutupi sebagian badan jalan. Meskipun berdekatan dengan TPA Ciledug, nampaknya sampah-sampah tersebut tidak bisa diangkut secara langsung.

Tetapi, ketika hal itu dilakukan justru bukan menjadikan nyaman, karena malah merugikan para pengguna jalan. Pasalnya sampah-sampah tersebut disimpan berdekatan dengan jalan raya, yang setiap hari dilewati oleh para pengguna jalan.

Ngerinya, kondisi sampah itupun terus menggunung bahkan sampai menutupi sebagian badan jalan. Bukan hanya dari aromanya yang tidak sedap ketika tercium, namun juga membuat lalu lintas kendaraan sekaligus pengguna jalan menjadi terganggu.

“Jadi susah lewatnya. Mana licin lagi jalannya,” keluh Mang Dudung, kepada Rakyat Cirebon saat melewati jalan di Desa Ciledug Kulon itu, Minggu (18/3).

Sementara, tokoh Wilayah Timur Cirebon, Adang Juhandi menegaskan kondisi tersebut mestinya cepat ditanggapi oleh pemerintah. Baik pemerintah desa, maupun pemerintah dari Kabupaten Cirebon dan Dinas Lingkungan Hidup.

Pasalnya, sampah tersebut bukan hanya berasal dari bekas banjir saja ataupun dari sampah perumahan warga. Tetapi, banyak juga sampah tersebut berasal dari pasar.

Makanya, agar tidak sampai menjadikan lingkungan tercemar, perlu secepatnya dilakukan tindakan pengangkutan. “Mumpung belum ditutup tuh TPA Ciledugnya, segera diangkut. Harusnya Pemdes cepat tanggap. Masa dibiarkan saja,” tegas Adang.

Hal itu bukan tanpa alasan, karena dampak dari sampah tersebut akan sangat mengganggu ketenangan warga. Pasalnya disekeliling gunukan sampah itu, merupakan perumahan padat penduduk. Tentunya, ketika dibiarkan, saat hujan turun akan menjadi sarang berbagai penyakit.

“Baunya sudah tidak sedap. Apalagi kalau sudah kena air hujan. Bisa-bisa jadi sarang penyakit. Belum lagi itu posisinya disamping jalan. Sekarang malah sudah ngambil jalan. Hampir setengahnya habis tertutupi sampah,” kesalnya.

Lelaki yang juga aktif diberbagai kegiatan sosial itupun mengingatkan, bahwa jalan yang menjadi fasilitas umum, jangan sampai tercemar oleh polusi sampah. Karena, sejauh ini jalan-jalan di Kabupaten Cirebon, khususnya di WTC sudah tercemar oleh berbagai lobang yang membahayakan pengendara.

“Jangan nambah penyakit. Sudah banyak jalan berlubang, ini ditambah lagi dengan sampah. Cirebon mau bagaimana kedepan, kalau seperti ini,” pungkasnya. (zen)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Tumpukan Sampah Meluber Lagi"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus

loading...