Tumbuhkan Minat Investasi Generasi Muda


RAKYATCIREBON.CO.ID – Investasi merupakan pilihan yang bisa ditempuh untuk mengelola keuangan.  Mengelola uang dengan cara  berinvetasi pun punya  berbagai keunggulan. Salah satunya hasil yang lebih tinggi dalam jangka waktu tertentu dibanding menyimpan uang di bank atau deposito.

Sayangnya, pilihan mengelola keuangan dengan berinvestasi masih belum menarik minat anak muda Cirebon. Padahal  investasi kini bisa dilakukan siapa saja dengan nominal sangat minimal. Misalnya investasi saham di Simarmas Asset Management.

Anak perusahaan Sinarmas Group ini bahkan melayani investasi saham dengan cash in mulai dari Rp100 ribu saja. Bahkan, berbagai perusahaan efek atau sekuritas yang bercokol di Cirebon pun melayanai investasi yang sama.

Masih rendahnya minat anak muda di dunia investai disinyalir masih kuatnya imej investasi yang biasanya dilakukan oleh pengusaha dengan modal yang besar.  Dicky Saefullah, pemuda asal Cirebon  ini membenarkan, yang terlintas di benaknya saat mendengar investai ialah uang ratusan juta.

“Saya pikir investasi itu harus banyak uangnya dan ini dilakukan oleh bos atau pemodal besar dengan uang ratusan juta untuk mendapatkan keuntungan,” ungkap Dicky kepada Rakyat Cirebon, kemarin.

Tak hanya Dicky, Suhendra yang juga seorang karyawan muda  masih menganggap investasi masih tabu untuk anak muda. Menurut dia, investasi sangat beresiko lebih lagi banyaknya kasus lembaga investasi bodong yang memakan banyak korban.

“Masih takut, karena   rasikonya juga besar, ditambah lagi  kayanya harus punya uang yang besar untuk berinvestasi. Belum ada  niatan untuk investasi dalam waktu dekat ini,” terangnya.

Persepsi  masyarakat tentang investasi tampaknya beragam sehingga memunculkan respon yang beragam pula. Hal ini dinilai wajar lantaran, belum masifnya perusahaan sekuritas dalam menggaet investor muda di bidang

Meski pun sebenarnya, Bursa Efek Indonesia (BEI) bekerja sama dengan perusahaan efek serta  didukung Otoritas Jasa Keuangan  (OJK) Cirebon telah meresmikan Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia 4 empat perguruan tinggi besar se Ciayumajakuning.

Masing-masing Galeri Investasi berada di Unswagati Cirebon, IAIN Cirebon, Universitas Majalengka dan Universitas Kuningan. Keberadaan Galeri Investasi ini bertujuan untuk meningkatkan literasi pasar modal sejak dini di kalangan anak muda, khususnya mahasiswa.

Di samping itu, perusahaan efek  juga mulai menurunkan tenaga pemasaran untuk menjangkau investor muda pemula.  Marekting Sinarmas Asset Management, Iryanto menjelaskan  perusahaan efek tempatnya bekerja punya berbagai produk investasi untuk pemuda.

Mulai dari  reksa dana pasar uang, reksa dana campuran, reksa dana saham sampai reksa dana pendapatan tetap. Semua produk investasi tersebut bisa diikuti anak muda. “Yang paling aman untuk pemuda bisa ikut di reksa dana pendapatan tetap,” kata dia. (wan)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Tumbuhkan Minat Investasi Generasi Muda"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus

loading...