Satpol PP, Satlinmas dan Damkar Siap Amankan Pilkada



RAKYATCIREBON.CO.ID - Peringatan Hari Jadi Satpol PP, Satlinmas, dan Damkar tahun 2018, menjadi sangat istimewa karena bersamaan waktunya dengan tahapan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah serentak di 171 Daerah yang meliputi 17 Provinsi 154 Kabupaten/Kota.

Tema Apel Siaga pada hari Senin (26/03) adalah “Satpol PP, Satlinmas dan Damkar Siap Mengawal Pilkada Serentak 2018”. Tema ini merujuk pada upaya peningkatan kesiapsiagaan serta keterlibatan Satpol PP sebagai perangkat daerah, Satlinmas dan Damkar yang turut memberikan dukungan untuk kelancaran pelaksanaan Pilkada 2018 yang akan dilaksanakan mulai tanggal 27 Juni 2018.

“Momen tahapan Pilkada serentak menjadi sangat penting bagi kita semua terutama bagi jajaran Satpol PP, Satlinmas dan Damkar di daerah, karena biasanya potensi gangguan terhadap penyelenggaraan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat, serta perlindungan masyarakat akan meningkat sangat tajam,” kata Plt Bupati Kuningan Dede Sembada yang membacakan sambutan Mendagri di Halaman Setda Kabupaten Kuningan.

Hal yang tidak kalah pentingnya adalah, menyampaikan laporan secara tertulis kepada Menteri Dalam Negeri setiap perkembangan situasi dan kondisi ketertiban umum dan ketentraman masyarakat serta perlindungan masyarakat di daerah masing-masing, baik menjelang; pada saat; dan setelah pelaksanaan pemungutan suara pemilu, yang bentuk laporannya disesuaikan dengan Pemendagri Nomor 27 Tahun 2010 tentang Pedoman Pelaporan Satuan Polisi Pamong Praja.

Diakhir sambutannya, Plt Bupati Kuningan, Mendagri menekankan kepada seluruh jajaran Satpol PP dan Damkar untuk bertindak netral, sebagaimana diperintahkan oleh Undang-Undang Aparatur Sipil Negara bahwa dinyatakan ASN berperan sebagai perencana, pelaksana dan penyelenggaraan tugas umum pemerintahan dalam peran nasional melalui pelaksanaan kebijakan dan pelayanan publik yang profesional, bebas dari intervensi politik serta bersih dari praktik KKN.

Selain itu, anggota Satlinmas juga diharapkan dapat bertugas secara optimal membantu petugas KPPS pada saat hari pemungutan suara agar berlangsung dengan aman, tertib dan tentram.

“Satpol PP Damkar dan Satlinmas bersama TNI dan Polri mekakukan pengamanan bersama. Terlebih untuk Satpol PP dan Satlinmas yang tugasnya berada di dalam lingkungan pelaksanaan pemungutan suara secara langsung bersama Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS),” ujarnya.(ale) 

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Satpol PP, Satlinmas dan Damkar Siap Amankan Pilkada"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus