Polisi Sudah Cek TKP, Ada Tujuh Titik Perusakan APK

polisi selidiki perusakan apk pilwalkot cirebon

RAKYATCIREBON.CO.ID  - Menyikapi masuknya laporan terkait perusakan APK pasangan calon walikota Cirebon di beberapa titik, pihak kepolisian yang notabene tergabung dalam Sentra Gakkumdu serius menyikapinya. Hal ini  agar kondusifitas daerah tetap terjaga selama rangkaian agenda Pilkada.

Kepala Satuan Reserse Kriminal (Kasat Reskrim) Polres Cirebon Kota, AKP Galih Wardani menyampaikan pihaknya dengan Panwaslu sudah melakukan pengecekan ke TKP pengrusakan APK yang ada di beberapa titik.

"Pihak kepolisian, kami tergabung di Gakkumdu, dan menyikapi pengrusakan ini, bersama dengan panwas kami sudah cek ke TKP, dan memang setelah di cek beberapa titik, keadaannya kami temukan sesuai dengan yang dilaporkan," ungkap Galih saat memberikan keterangan pers dihadapan sejumlah wartawan, Kamis (01/03) kemarin.

Selain sudah melakukan pengecekan, di lapangan, lanjut dia, petugas kepolisian juga sudah melakukan penyelidikan awal. Sehingga jika keterangan yang ada sudah dirasa lengkap, maka pihaknya akan menindaklanjuti kasus pengrusakan ini sesuai dengan aturan hukum yang ada.

"Kami tunggu klarifikasi dari panwaslu, dan setelah dilimpahkan akan kami tindak lanjuti kasus ini. Tidak memandang APK milik paslon yang mana, semua pengrusakan APK jika keterangan yang ada memenuhi, kita akan tindak," tegas Galih.

Sementara itu, Anggota Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga pada Panwaslu Kota Cirebon, Mohamad Joharudin menuturkan, berdasarkan pelaporan yang masuk kepada pihaknya, sampai saat ini sedikitnya pengrusakan APK telah terjadi di tujuh titik berbeda.

"Berdasarkan laporan dari Panwascam, laporan yang masuk ada lima titik di Kecamatan Kejaksan, satu titik di wilayah Kesunean, dan memang didominasi oleh pengrusakan APK paslon nomor urut satu," ungkap Joharudin.

Sebagai respon Panwaslu, ditambahkan Joharudin, pihaknya juga sudah melaksanakan pleno, dan rekomendasi yang dihasilkan, laporan yang merupakan temuan itu akan dilimpahkan kepada Sentra Gakkumdu untuk ditindaklanjuti sesuai dengan aturan yang berlaku.

"Kasus ini jadi temuan dan kita Panwaslu sudah pleno, kami akan limpahkan kepada Sentra Gakkumdu. Karena ini sudah masuk pidana pemilihan, kami serius menangani ini, karena masalah ini tidak main-main, tapi kami harap kedua paslon dan tim masing-masing tetap tenang dan tidak terprovokasi oleh adanya kasus pengrusakan APK ini," kata Joharudin. (sep)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Polisi Sudah Cek TKP, Ada Tujuh Titik Perusakan APK"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus