Peran Linmas Sangat Dibutuhkan di Pilkada



RAKYATCIREBON.CO.ID - Kapolres Kuningan AKBP Yuldi Yusman mengajak kepada seluruh personel Perlindungan Masayarakat (Linmas) untuk mensukseskan Pilkada serentak, yang akan dihelat pada 27 Juni mendatang.

Pernyataan tersebut disampaikan Kapolres dalam kegiatan pembinaan anggota Satlinmas dalam menghadapi pilkada serentak 2018 mendatang di aula kenzi mayang catering, Selasa (27/3).

Menurut Kapolres, peranan Linmas dalam mensukseskan Pilkada sangat besar. Apalagi Linmas selama ini telah berperan aktif dalam pengamanan lingkungan.

“Saya mengajak kepada semua anggota Linmas untuk, mensukseskan hajat besar Pilkada Kuningan dan Pilkada Jawa Barat. Peranan Linmas sangat penting untuk setiap kegiatan yang digelar dilingkunganya masing-masing,” tutur Kapolres.

Diungkapkan Kapolres, Linmas merupakan bagian integral dalam sistim pertahanan keamanan nasional, yang di bentuk di setiap desa atau kelurahan dan anggotanya di angkat dari masyarakat yang telah di berikan pelatihan kemiliteran di bawah binaan Satpol PP.

Dengan berpedoman kepada peraturan Permendagri no. 84 tahun 2014 tentang penyelenggaraan Linmas, maka Satlinmas sangat membantu daerah dalam upaya menciptakan sinergitas dalam upaya mewujudkan masyarakat yang aman dan tentram.

“Linmas yang merupakan ujung tombak aparatur sekaligus perpanjangan tangan dalam menjaga keamanan di lingkungan tempat tinggal, memperoleh kewenangan di dalam membantu aparat keamanan lainnya seperti TNI, Polisi, Satpol PP, dan lain-lain,”imbuh Kapolres.

Kapolres berharap agar satlinmas di Kabupaten Kuningan ini senantiasa melakukan koordinasi dengan unsur keamanan dan pihak terkait dalam urusan keamanan lingkungan, ketentraman dan ketertiban umum, serta penanggulangan resiko bencana maupun kegiatan kemasyarakatan lainnya.

“Pilkada serentak, tentu akan banyak sekali gejolak-gejolak persaingan yang terasa menjelang pemilihan tersebut maka sangat perlu kesiapan dari Satlinmas sebagai pelopor dan penggerak pengamanan swakarsa di tengah-tengah masyarakat; dalam mengantisipasi serta mendeteksi kemungkinan-kemungkinan terjadinya gejolak yang lebih besar dengan secara cepat dan sinergis melaporkan kepada pihak keamanan terkait, agar pesta demokrasi tersebut berjalan dengan aman, lancar dan terkendali” tegas Kapolres.

Sementara itu, Kasatpol PP Indra Purwantoro mengatakan, guna mengantisipasi kerawanan konflik yang rentan terjadi dalam proses tahapan dan pelaksanan pilkada serentak ini, saat ini menjadi perhatian serius pihaknya bersama unsur terkait.

Salah satu faktor pentingnya pengamanan Pilkada ada dipundak petugas Linmas yang bersiaga di masing-masing TPS bersama pihak berwajib baik itu Polri dan TNI.

“Diharapkan dengan adanya pembinaan ini seluruh anggota Linmas di Kabupaten Kuningan dapat menjalankan tugasnya secara prima, aktif dan tangguh dalam membantu mengamankan dan mensukseskan pemilukada 2018,” ujarnya.(ale)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Peran Linmas Sangat Dibutuhkan di Pilkada"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus

loading...