NIK KTP El Segera Diterbitkan



RAKYATCIREBON.CO.ID - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Indramayu mengaku berupaya untuk menerbitkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) 34.471 warga yang terancam tidak bisa menggunakan hak pilihnya pada Pilgub Jawa Barat 2018. Langkah ini dilakukan dengan perekaman data di kantor kecamatan dan desa, serta dioperasikanya mobil pelayanan keliling.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Indramayu, Kamud SH mengatakan, masih banyaknya warga yang belum melakukan perekaman data KTP elektronik (KTP-el) memastikan tidak dimilikinya NIK. Sehingga tidak heran jika Komisi Pemilihan Umum (KPU) menemukan 34.471 pemilih yang terancam tidak bisa menggunakan hak suaranya pada pesta demokrasi mendatang. "Bahkan sangat dimungkinkan jumlahnya terus meningkat, karena warga yang berusia 17 tahun juga terus bertambah setiap harinya," jelas dia, Jumat (23/3) di ruang kerjanya.

Disampaikan, banyaknya warga yang belum melakukan perekaman data untuk KTP-el antara lain karena berada di luar Indramayu untuk bekerja. Baik berada di daerah lain, juga tidak sedikit yang di luar negeri.

"Banyak yang sudah bekerja di luar Indramayu bahkan luar negeri, tapi namanya masih terdaftar dalam DPS," ungkapnya.

Terhadap hal tersebut, pihaknya terus melakukan upaya agar warga yang belum melakukan perekaman dan masih berada di Indramayu bisa segera melakukan perekaman KTP-el. Yaitu melalui pelayanan di kantor kecamatan dan desa bersangkutan Disdukcapil juga akan melakukan jemput bola dengan mobil pelayanan keliling yang siap melayani masyarakat.

"Saya juga akan membuat surat yang ditandatangani bupati dan ditujukan kepada para camat. Isinya berupa imbauan kepada para kuwu agar memberitahukan warganya yang belum melakukan perekaman KTP-el untuk segera melakukan perekaman," ujarnya.

Seperti diketahui, sebanyak 34.471 pemilih di Kabupaten Indramayu terancam tidak bisa menggunakan hak suaranya pada Pilgub Jawa Barat 2018. Karena pada pemungutan suara di 27 Juni nanti, pemilih harus membawa formulir C6 dan KTP-el atau Surat Keterangan (Suket). Menyikapi data dan keharusan itu, KPU Indramayu mendesak pemerintah untuk melakukan upaya pemenuhan kebutuhan administrasi kependudukan masyarakatnya. (tar)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "NIK KTP El Segera Diterbitkan"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus

loading...