Kapolres Minta Masyarakat Bijak Gunakan Medsos



RAKYATCIREBON.CO.ID - Masyarakat banyak diminta untuk selalu bijak dalam menggunakan media sosial seperti Facebook, Twetter, Instagram dan medsos lain.  Persoalannya, jika pengunaan medsos ini digunakan untuk menyebarkan berita hoaks, maka ancaman pidan bagi warga sudah jelas menanti. 

Hal ini ditegaskan Kapolres Majalengka AKBP Noviana Tursanurohmad. Pihaknya mengatakan dalam rangka terus melaju upaya preventif untuk meminimalisir kasus penyebaran hoax. Pihaknya meminta agar selalu ‎bijak dalam penggunaan Media Sosial, dan Stop Sebar Berita Hoax.

"Kami berharap masyarakat bisa lebih cerdas dan bijak dalam mendapatkan informasi dari media sosial.‎ Ini penting, karena siapa saja yang menyebarkan berita hoaks, kami akan usut dan kalau sudah ketahuan siapa, akan kami tangkap." ungkapnya. 

Kapolres menambahkan sebelumnya kepolisian resort Kabupaten Majalengka berhasil mengamankan salah satu pelaku yang menyebar luaskan berita hoax dengan ancaman hukuman pasal berlapis Pasal 14 ayat 2 UU No. 1 Tahun 1946, Pasal 45A ayat 2 UU No. 19 Tahun 2016 dan Pasal 28 Ayat 2 UU No. 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE), pelaku bisa terkena ancaman pidana penjara maksimal Enam tahun dan denda maksimal Rp1 miliar. 

"Saya minta kepada untuk lebih bijak dalam mengelola informasi di media sosial. Karena selain merugikan, jika menyebarkan berita hoax bisa terkena sanksi. Sanksinya tidak main-main lho, pidana," jelasnya.

Bahkan, tambahnya pihaknya menginstruksikan kepada seluruh lembaga seperti pemerintah, organisasi kemasyarakatan dan tokoh pemuda serta elem lainya di harapkan dapat bersinergi untuk menangkal berita bohong dalam menjaga kondusivitas daerah menjelang Pemilihan Umum (Pemilu).

“Menjelang penyelenggaraan Pilkada biasanya banyak berita hoak. Penyebaran hoax dapat berimplikasi negatif, sebab provokasi disebarkan dengan isu intoleransi dan radikalisme yang dapat memecahbelah persatuan,”pungkasnya. (hrd)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Kapolres Minta Masyarakat Bijak Gunakan Medsos"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus

loading...