Imron: Keluhan Nelayan Rata-rata Soal Bantuan



RAKYATCIREBON.CO.ID - Calon Wakil Bupati dari PDIP Drs H Imron Rosyadi mengungkapkan, kehidupan nelayan tidak seharusnya terus termarjinalkan. Menurut Imron, justru nelayan sudah saatnya sejahtera, sebab melalui tangan mereka sebagian besar masyarakat bisa mengosumsi ikan.

Jika nantinya terpilih, menurut Imron, pihaknya akan terus melakukan pengarahan kepada nelayan, sebab jumlah nelayan di Kabupaten Cirebon mencapai ribuan orang.

“Kesannya selama ini kehidupan nelayan selalu dalam kondisi tidak sejahtera, termarjinalkan, terlilit utang kepada tengkulak, dan sebagainya. Dalam kondisi semacam ini, pemerintah daerah harus hadir,” kata Imron.

Yang lebih penting, menurutnya, adalah memberikan pemahaman kepada para nelayan ini agar mereka bisa mengubah cara menangkap ikan demi mendapatkan tangkapan yang banyak.

“Cantrang yang tidak ramah lingkungan kan sudah dihapus oleh pemerintah pusat, makanya gunakan cantrang yang lebih ramah lingkungan. Namun, karena mereka juga sudah terbiasa menggunakan cantrang lama maka kebiasaan semacam itu sulit diubah, untuk itulah kita harus memberikan pemahaman yang terus menerus kepada mereka,” katanya.

Imron menambahkan, selama dirinya mendatangi berbagai perkampungan nelayan di wilayah timur Cirebon, hampir rata-ratanya keluhan dari nelayan adalah soal bantuan.

“Karakter nelayan harus diubah, dan pemerintah daerah pun harus terus memberikan bimbingan, memberikan bantuan agar minimal mereka ini tidak dekat dengan kemiskinan. Rata-ratanya bosnya nelayan itu  yang kaya, tapi nelayan tetap dalam kondisi kurang sejahtera,” katanya.

Beberapa waktu yang lalu, menurut Imron, dirinya berkeliling ke kampung-kampung nelayan. Fakta-fakta yang ada di depan mata ini membuatnya ingin segera melakukan kebijakan terkait kehidupan nelayan tersebut.

“Harus ada solusi. Pemerintah mencanangkan gerakan hidup sehat melalui konsumsi ikan kan juga bisa terbantu karena adanya nelayan. Kabupaten Cirebon itu memiliki ribuan nelayan, ini sebenarnya potensi, sebab hasil tangkapan ikan pun lebih banyak dan lebih beragam,” katanya. (yog)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Imron: Keluhan Nelayan Rata-rata Soal Bantuan"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus

loading...