Dorong Masyarakat Kenali Ekonomi Syariah



RAKYATCIREBON.CO.ID – Masyarakat Ekonomi Syariah  (MES) Daerah Cirebon menggelar Roadshow Multifinance Syariah, Rabu (28/3) di Islamic Center Cirebon (ICC). Kegiatan yang dihadiri Sekjen MES  pusat, Edy Setiadi itu mengupas pentingnya implementasi ekonomi syariah.

Ketua Pelaksana sekaligus Sekretaris MES Cirebon, Ali Wahyono menjelaskan,  literasi transaksi  syariah sampai saat ini tergolong rendah dibanding konvensional.  Meski Cirebon mayoritas dihuni umat Islam namun aktivitas ekonomi syariahnya cenderung sepi.

Roadshow Multifinance Syariah menjadi gebrakan baru MES Cirebon untuk meningkatkan literasi transaksi syariah. Lebih lagi, transaksi syariah pun  sudah bisa dilakukan untuk pembayaran mult guna.

“Multifinance Syariah ini adalah model pembayaran baru. Biasanya dikenal  oleh masyarakat itu dari perbankan, kalau MES memang konsennya perbankan syariah tapi sekarang  ada pembiayaan yang diatur dengan multifinance syariah,” ungkapnya kepada Rakyat Cirebon, kemarin.

Cakupan pembiayaan multiguna syariah inipun tergolong banyak. Mulai dari renovasi rumah, biaya pendidikan, dana kesehatan, biaya pernikahan, biaya umroh, gadget/perlengkapan kerja, perjalanan wisata, hingga  pembiayaan kendaraan sudah bisa dilakukan melalui multiguna syariah.

Ali menjelaskan, salah satu keuntungan menggunakan multiguna syariah sebagai gaya trasaksi baru ialah terhindar dari riba. “Kalau konvesional  itu berdasarkan riba, tapi kalau pembiayaan syariah itu berdasarkan mudhorobah atau bagi hasil,” jelas dia.

Di Kota Cirebon, peluncuran Roadshow Multifinance Syariah merupakan yang pertama kalinya secara nasional. Nantinya, roadshow bakal dilanjutkan ke kota-kota lainnya untuk mengenalkan dan mengajak masyarakat bertransaksi syariah.

“Untuk mendorong masyarakat melek syariah kita adakan sosialisasi, edukasi, silahturahim dengan para pejabat, tokoh masyarakat atau simpul-simpul ormas, atau stakeholder ekonomi syariah termasuk lakukan dakwah ekonomi syariah, terbitkan buku untuk dai dan khotib,” katanya.

Di Kota Cirebon sudah ada beberapa lembaga keuangan baik bank maupun non bank  yang punya produk syariah.  Ali optimis, trasaksi syariah bakal jadi gaya hidup baru bagi masyarakat Cirebon. Hal itu juga seiring makin banyaknya lembaga keuangan  syariah berkembang di Cirebon.

“Di Cirebon itu  kota wali, boleh dikatakan mayoritasnya itu muslim, untuk itu masyarakat memiliki kesadaran untuk hijrah ke perbankan syariah, menabungnya tidak di konvensional, di bank syariah,” katanya. (wan)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Dorong Masyarakat Kenali Ekonomi Syariah"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus

loading...