Warga Minta Azis-Eti Perluas Lapangan Pekerjaan

cawalkot cirebon eti herawati blusukan ke kampung sicalung

RAKYATCIREBON.CO.ID – Kinerja Drs Nashrudin Azis SH semasa menjabat walikota Cirebon diakui memberikan perubahan signifikan di beberapa bidang.

Misalnya, di bidang pendidikan dan kesehatan. Warga menilai, pada dua bidang itu, Azis dianggap berhasil. Tapi ada satu pekerjaan rumah (PR) yang mesti dituntaskan, yaitu lapangan pekerjaan.

Hal itu disampaikan warga RT 4 RW 2 Sicalung, Kelurahan Karyamulya, Kecamatan Kesambi, Sarwina, kemarin sore. Di sela-sela agenda blusukan Calon Wakil Walikota, Dra Hj Eti Herawati, Sarwina menuturkan, ada harapan dari warga setempat kepada pasangan Azis-Eti (Pasti), jika kelak terpilih melakui Pemilihan Walikota (Pilwalkot) 27 Juni mendatang.

“Kalau inginannya warga, Pak Azis dan Bu Eti bisa menepati janji dan melaksanakan visi dan misinya secara utuh, jika terpilih. Insya Allah kita mendukung,” ungkap Sarwina.

Dia lantas memuji keberhasilan Azis semasa menjabat walikota. Di bidang kesehatan, Sarwina merasakan pelayanan yang sudah semakin membaik dari sebelumnya. Tidak hanya itu, di Sicalung, sebagian besar warganya sudah tercover BPJS Kesehatan.

“Untuk kesehatan, alhamdulillah sebagian besar masyarakat sini sudah ter-cover BPJS Kesehatan. Memang masih ada yang belum punya. Harapan kedepan bisa ter-cover semua. Pelayanan kesehatan juga sudah baik, tinggal semakin ditingkatkan saja,” tuturnya.

Hal yang sama juga dirasakan di bidang pendidikan. Sarwina menyebutkan, di kampung tersebut, taraf pendidikanya relatif baik. Sedikit sekali anak yang tidak melanjutkan pendidikannya ke jenjang lebih tinggi setelah SMA. “Untuk pendidikan juga sudah semakin baik. Kita merasakan itu,” ujarnya.

Hanya saja, sambung Sarwina, warga Sicalung berharap, lapangan pekerjaan yang lebih luas dan terbuka dari saat ini. Hal itu dibutuhkan untuk para pemuda yang selepas SMA tidak bisa melanjutkan kuliah. “Butuh lapangan pekerjaan yang lebih luas. Karena ada beberapa pemuda yang lulus SMA, kemudian menganggur,” katanya.

Hal senada disampaikan Sugiarni. Warga RT 3 RW 4 Sicalung itu juga menilai, di bidang pendidikan dan kesehatan, Azis sudah menunjukkan keberhasilannya. Peningkatan mutu di dua bidang itu dirasakan manfaatnya oleh warga. “Pendidikan dan kesehatan sudah baik, lanjutkan. Memang tinggal lapangan pekerjaan saja ditingkatkan lagi,” katanya.

Sementara itu, Eti sendiri mengakui, layanan kesehatan dan pendidikan semakin membaik. Mengenai lapangan pekerjaan, kata politisi Partai Nasdem itu, memang menjadi salah satu program prioritas duet Pasti.

“Kemajuan kota ini tentu harus terus diimbangi dengan ketersediaan lapangan pekerjaan yang memadai bagi warganya. Butuh pembekalan keterampilan yang disesuaikan dengan kebutuhan pasar,” katanya.

Untuk diketahui, angka partisipasi murni SD meningkat dari 81,67 persen pada 2013 menjadi 95,53 persen pada 2016, di tingkat SMP dari 69,57 persen pada 2013 menjadi 83,12 persen pada tahun 2016, dan di tingkat SMA meningkat dari 54,34 persen pada tahun 2013 menjadi 95,07 persen pada tahun 2016.

Sejalan dengan itu, angka putus sekolah juga menurun, pada tingkat SD dari 0,04 persen pada 2014 menjadi 0,02 persen pada 2017, di tingkat SMP menurun dari 0,07 persen pada tahun 2014 menjadi 0,02 persen pada tahun 2017, dan di tingkat SMA menurun dari 0,63 persen pada 2013 menjadi 0,11 persen pada tahun 2016.

Di bidang kesehatan, peningkatan mutu terlihat dari beberapa indikator, diantaranya, peningkatan angka harapan hidup dari 71,75 pada tahun 2013 menjadi 71,89 pada 2017, menurunnya jumlah kematian bayi dari 39/5416 pada 2013 menjadi 17/5395 kelahiran hidu pada 2017, serta menurunnya kasus gizi buruk dari 235 kasus pada tahun 2013 menjadi 43 pada tahun 2017. (jri)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to " Warga Minta Azis-Eti Perluas Lapangan Pekerjaan "

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus