Wabup Janji Kontrol ASN agar Tidak Ikut Berpolitik

jelang pilkada wabup cirebon awasi asn

RAKYATCIREBON  – Wakil Bupati (Wabup) Cirebon, Selly A Gantina menegaskan, akan mengawal sikap netralitas para Aparatur Sipil Negara (ASN) saat penyelenggaraan pemilihan kepala daerah serentak mendatang.

Hal itu dikatakan Selly usai membuka rapat koordinasi (Rakor)Desk Pilkada Kabupaten Cirebon, Selasa (6/2) di Hotel Apita Tuparev.

Selly mengungkapkan, netralitas PNS sebetulnya sudah diatur dalam beberapa perundangan maupun surat edaran dari kementrian terkait. Oleh karena itu, dirinya melihat netralitas adalah sebuah kewajiban mutlak yang harus dilakukan oleh para ASN khususnya di lingkungan Pemkab Cirebon.

“Surat edaran mulai dari kementrian, Peraturan Pemerintah hingga Undang-undang ASN juga sudah menegaskan untuk netralitas ini. Maka dari itu, para PNS khususnya di Kabupaten Cirebon untuk bisa menjunjung rasa netral tersebut,” tegasnya kepada wartawan.

Ditambahkan Selly, dirinya akan menjadi pelaksana tugas bupati selama masa cuti yang diambil oleh bupati karena mengikuti masa kampanye. Dengan kata lain, kontrol terhadap PNS akan dia berlakukan guna mencegah ikutnya PNS kedalam politik.

“Ada inspektorat dan aturan jelas juga sudah ada. Saya usahakan dengan sekuat tenaga agar para PNS tetap netral dan tentunya hal itu dilakukan agar pelayanan kepada masyarakat tetap diberikan secara maksimal,” tambahnya.

Disinggung mengenai sikap Dinas Perhubungan yang mendeklarasikan untuk netral, Selly mengaku mengapresiasinya. Namun, tanpa deklarasi sekalipun, sikap dinas seharusnya bisa tetap netral.

“Dishub ini salah satu bukti untuk masyarakat bahwa pemerintahan tidak terganggu maupun terpengaruh dengan adanya pilkada. Dinas lain tidak masalah tidak ikut deklarasi tetapi yang terpenting menunjukkan sikap netral,” tandasnya.

Diketahui sebelumnya, Memasuki Tahun 2018 dimana terdapat penyelenggaraan pemilihan kepala daerah serentak membuat adanya kekhawatiran menurunnya pelayanan kepada masyarakat karena ikutnya pada Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam politik praktis.

Namun, kekhawatiran tersebut coba ditepis oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Cirebon yang menyatakan akan bersikap netral dalam pilkada serentak mendatang. Netralitas keluarga besar Dishub Kabupaten Cirebon dituangkan dalam spanduk berukuran besar yang terpasang di halaman kantor dishub. (yog)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Wabup Janji Kontrol ASN agar Tidak Ikut Berpolitik"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus

loading...