Tumpukan Sampah di Bawah Jembatan Menyumbat Arus Air

  
banjir di cirebon disebabkan banyak sungai tersumbat sampah


RAKYATCIREBON.CO.ID - Banjir mulai surut, yang tersisa sekrang tumpukan sampah terkumpul di bibir sungai di Desa Ciledug Wetan, Kecamatan Ciledug, Kabupaten Cirebon. 

Sampah tersebut, terbawa arus air dan mengumpul di jembatan. Tumpukan sampah itupun, sempat menyumbat laju air di Sungai Desa Ciledug Wetan.

Sebelum surut, banyak warga dan relawan yang turun tangan untuk mengangkat sampah agar tidak menyumbat air di bawah jembatan.

Dari tumpukan sampah itu, terdapat kasur yang diduga milik warga ikut hanyut.  “Kasihan kalau itu kasurnya milik warga. Nanti kalau kembali ke rumah, sudah tak ada,” ucap Ahid, perwakilan dari pelajar yang ikut serta memberikan bantuan.

Mayoritas sampah yang menumpuk di bibir sungai merupakan sampah plastik. Ini dipastikan masih banyak masyarakat yang belum sadar akan kebersihan lingkungan yang membuang sampah sembarangan.

“Kan saat banjir, ini jadi kendala juga. Air yang mestinya sudah surut, jadi terganggu karena adanya sumbatan oleh sampah,” ujar Ahid.

Hal  sama disampaikan warga, Nurwadih. Menurutnya, persoalan banjir bukan sebatas meluapnya air sungai. Tetapi, di dalamnya terdapat andil besar dari perilaku keseharian masyarakat sendiri.

Makanya, persoalan darurat sampah, harus disadari betul, semenjak dari tingkat keluarga.  “Kita mulai dari rumah sendiri, agar bisa menyelesaikan persoalan sampah,” pungkasnya. (zen)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Tumpukan Sampah di Bawah Jembatan Menyumbat Arus Air "

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus

loading...