Perekaman KTP-El Melebihi Target, Ada 15 Ribu Pemilih Berusia 17 Tahun


disdukcapil kabupaten cirebon ungkap data pemilih pemula

RAKYATCIREBON.CO.ID - Jumlah warga Kabupaten Cirebon yang akan memasuki usia 17 tahun sejak saat ini hingga hari H pilkada serentak pada 27 Juni mendatang, diprediksi mencapai 15 ribu orang.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Cirebon, Mochammad Syafrudin mengatakan, usia seseorang yang terus bertambah membuat data warga yang sudah melakukan perekaman untuk KTP elektronik (KTP-El) melebihi jumlah target.

Warga yang awalnya diwajibkan memiliki KTP elektronik yaitu 1.535.688 jiwa, kini menjadi 1.603.844 jiwa.

Menurut Syafrudin, saat ini stok blanko pun aman, sehingga warga tidak perlu khawatir tidak bisa mencetak KTP elektronik.

“Saat ini terdapat stok blanko KTP 20 ribu, aman. Kitapun akan mengambil stok lagi jika stok menipis tapi tidak sampai habis sama sekali. Untuk urusan pilkada, saya pastikan aman. Kalaupun ada warga yang sudah melakukan perekaman namun belum memiliki KTP elektronik, surat keterangan bisa digunakan untuk kepentingan pilkada,” kata Syafrudin.

Menurut Syafrudin, saat ini terdapat 134 ribu warga  di Kabupaten Cirebon yang sudah melakukan perekaman namun KTP nya belum dicetak. Jumlah ini hanya 10 persen dari total warga yang wajib memiliki KTP eleltronik. “Sekali lagi warga jangan khawatir soal ini. Blanko saya pastikan stoknya aman,” ujarnya.

Sementara itu, di hari yang sama, Ketua Desk Pilkada Drs H Rahmat Sutrisno MSi mengatakan, pilkada serentak harus berjalan dengan baik dan membutuhkan banyak dukungan dari berbagai pihak.

“Desk pilkada ingin memastikan jelang penyelenggaran pilkada bagaimana kondisinya, sebab kita harus memastikan semuanya berjalan dengan baik,” ujar Rahmat.

Menurut Rahmat, salah satu yang diharapkan bisa terkoordinasi dengan baik adalah data pemilih yang salah satunya bisa ditunjukkan melalui KTP elektronik.

“Untuk itu saya berharap KTP elektronik tidak ada persoalan apa-apa, kita akan terus koordinasi dengan Disdukcapil, termasuk berapa jumlah blanko yang saat ini tersedia, ” katanya.

Ketua KPU Kabupaten Cirebon Syaefudin Jazuli mengatakan, pihaknya pun akan terus berkoordinasi dengan berbagai pihak. Apalagi tahapan pilkada serentak terus bergulir.

“12 Februari kan penetapan pasangan calon, 13 Februari pemberian nomor pasangan calon, kemudian 15 Februari itu masuk tahapan kampanye. Artinya, data warga pun harus semakin final, dan ini terus berlanjut koordinasinya dengan dinas terkait,” ujarnya.(yog)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Perekaman KTP-El Melebihi Target, Ada 15 Ribu Pemilih Berusia 17 Tahun"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus

loading...