Olahan Daun Bawang Laris Manis Dijual di Online

sambal oncang asal kuningan mampu tembus pasar online

RAKYATCIREBON.CO.ID -  Alam Kabupaten Kuningan Jawa Barat sangat mendukung  untuk aktivitas pertanian dan perkebunan. Tanah  yang subur ditambah sumber air yang melimpah membuat sejumlah tanaman komoditas pangan mampu  tumbuh subur di daerah tersebut.

Salah satunya adalah daun bawang. Tanaman yang biasanya dipakai sebagai penyedap masakan ini mudah dibudidayakan di Kuningan. Tak ayal, Kuningan menjadi salah satu daerah penghasil daun bawang terbaik di Jawa Barat.

Melimpahnya pasokan daun bawang,  dalam bahasa Sunda disebut oncang,  di daerahnya, wanita asal Kuningan, Irma Latifatu Zakiya menciptakan terobosan dengan mengolah daun bawang menjadi sambal oncang.

Sambal oncang adalah penyedap makanan yang berbahan dasar daun bawang goreng yang dicampur dengan sejumlah rempah dan bumbu.  Bentuk krispi kasar dan sedikit berminyak. Dari segi rasa, sambal oncang bercita rasa gurih.

“Sambal oncang itu dari daun bawang yang dipotong – potong kecil,” ungkap Irma saat menjelaskan tentang sambal oncang yang diproduksinya kepada Rakyat Cirebon.

Meski diberi nama sambal, sambal oncang buatan Irma sangat cocok sebagai teman makan nasi. Karakter daun bawang goreng yang menggugah selera makan membuat sambal oncang sangat pas dinikmati bersama nasi hangat atau dijadikan sebagai bumbu tabur makanan berkuah.

Irma menjelaskan, ide membuat sambal oncang berasal dari kebiasaan keluarganya yang menyulap daun bawang menjadi penganan yang lezat. Dari situ, sembari memanfaatkan  melimpahnya pasokan daun bawang, Irma mulai produksi sambal oncang untuk dijual.

Satu bungkus sambal oncang oleh Irma dijual Rp12 ribu. Tak hanya di Kuningan, sambal oncang buatannya kini sudah dipasarkan ke  berbagai daerah di Jawa Barat. Irma berharap, usaha rumahan yang ditekuninya ini mampu mendongkrak perekonomian di desanya terutama dalam pemanfaatan sumber daya alam.

Irma menjual sambal oncang dengan sistem online. Meski baru  diluncurkan, tak sedikit peminat sambal oncang buatan Irma dibuat penasaran menjajal sambal khas dari Bumi Ciremai itu. “Pesenan datang dari teman – teman dekat. Dipasarkan melalui online,” tukas Irma. (wan)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Olahan Daun Bawang Laris Manis Dijual di Online"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus

loading...