Menikmati Pesona Pegunungan dari Bukit Balukbuk

bukit balukbuk majalengka mulai dikunjungi wisatawan

RAKYATCIREBON.CO.ID - Selain gunung Karang dan Panten, di wilayah area perkotaan Majalengka juga ada bukit Balukbuk. Bukit ini menawarkan sensasi pemandangan pegunungan wilayah Majalengka Selatan.

Di puncak bukit ini juga terlihat secara menyeluruh area Majalengka kota yang masih dominasi lahan terbuka hijau. Di masa mendatang, kemungkinan pemandangannya ini bisa berubah menjadi banyak gedung pencakar langit.

Wisata alam terbuka ke bukit Balukbuk ini tidak sulit. Karena memang tidak jauh dari gunung Margatapa yang terdapat kuburan pangeran Muhammad. Bisa ditempuh lewat dua jalur. Yakni lewat Babakan Jawa menuju Pancurendang Landeuh, atau melalui jalur Cicurug.

Hanya saja di musim hujan ini, pengunjung harus ekstra waspada dan melihat situasi cuaca terlebih dahulu jika ingin mengunjunginya.

Bukit Balukbuk ini sering dijadikan sebagai target hiking dan gowes. Medannya yang tidak terlalu terjal, serta keheningan yang sejuk, membuat para pecinta alam makin betah. Serta merasa tertarik untuk mengunjunginya bersama sesama pecinta alam.

Salah seorang pecinta Hiking, Sarjono mengatakan, bukit Balukbuk cukup menarik dikunjungi bagi para pecinta alam yang ingin olahraga adrenalin. Jika dibandingkan dengan gunung Karang dan Panten yang sudah banyak dikunjungi, maka Balukbuk belum begitu banyak yang mengetahuinya. Bahkan, terkesan masih ‘perawan’.

"Suatu saat bisa saja dikembangkan. Bagi kami para pecinta alam, bukit ini menawarkan pemandangan eksotis dengan suasana hening. Jaraknya dari alun-alun Majalengka juga tidak terlalu jauh," ungkap Sarjono kepada Rakyat Cirebon, Jumat (23/2).

Pihaknya bahkan merencanakan untuk kemping bersama sejumlah pecinta alam dalamwaktu dekat ini. Hanya saja karena masih sering hujan dengan intensitas yang cukup deras, membuatnya mengurungkan rencana tersebut. Hujan dengan intensitas besar itu bisa saja mendatangkan bencana longsor. Sehingga membuatnya tidak berani untuk melakukan kemping di alam terbuka.

"Jika cuaca sudah mendukung, kemungkinan saya dan teman-teman bisa kemping di sini. Bagi kami alam yang belum dikembangkan, sangat cocok untuk menikmati alam. Beda dengan gunung Karang maupun Puncak Panten yang sudah banyak dikunjungi wisatawan," ungkapnya.

Sementara itu, salah seorang warga, Samad menuturkan, puncak bukit Balukbuk memang sering didatangi para pecinta Hiking dan gowes. Mereka datang bersama sejumlah temannya untuk beristirahat dan bersantai-santai, sambil menikmati alam pemandangan Majalengka. Di puncak bukit Balukbuk tersebut, sebagian besar area Majalengka terlihat secara global.

"Bisa saja nanti seperti gunung Panten, namun hingga saat ini belum ada tanda-tanda untuk dikembangkan oleh Pemda Majalengka. Tidak tahu nanti, kalau memang banyak dikunjungi warga luar, kemungkinan bisa ditata lebih baik lagi," pungkasnya. (hrd)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Menikmati Pesona Pegunungan dari Bukit Balukbuk "

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus