KPU Tidak Akan Campuri Sengketa Perbatasan


perbatasan kota dengan kabupaten belum selesai

RAKYATCIREBON.CO.ID – Permasalahan perbatasan antara Kabupaten dan Kota Cirebon hingga kini belum menemukan titik terang. Pasalnya, belum ada keputusan dari kementerian terkait yang menentukan tapal batas tersebut.

Seperti diketahui, permasalahan perbatasan ini sebetulnya hanya menyisakan dua titik saja yang masih dipersengketakan. Titik itu ada di Pilang Setrayasa, Kelurahan Sukapura dan di sekitar Jalan Cipto Mangunkusumo.

“Kita masih menunggu keputusan dari atas saja seperti apa. Semua tahapan sudah kita ikuti dan lakukan dan sisanya kita hanya tinggal menunggu,” ujar Kepala Bagian Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Cirebon, Suhartono.

Untuk pemilihan kepala daerah tahun ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cirebon nampaknya tidak ingin ikut campur terkait permasalahan tapal batas ini. Dikatakan Ketua KPU kabupaten Cirebon, Saefudin Jazuli kepada Rakcer, pihaknya tidak akan menghiraukan wilayah tapal batas.“Kita ikuti saja keputusan terakhir seperti apa. Kita tidak ingin ikut campur,” tegasnya.

Ditambahkan Saefudin, pihaknya hanya akan memasukkan warga Kabupaten Cirebon saja ke dalam Daftar Pemilih Tetap untuk mengikuti pilkada serentak. Walaupun berada di wilayah Kota, Saefudin menegaskan semua warga Kabupaten Cirebon akan dimasukkan kedalam DPT.

“Kita akan mendata warga kabupaten saja. Kita sesuaikan dengan kepemilikan KTP dan akan bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil,” tambahnya.

Disinggung mengenai penyediaan Tempat Pemungutan Suara di wilayah perbatasan, Saefudin menyebutkan pihaknya akan melihat terlebih dahulu kondisi di lokasi. artinya, Saefudin mengaku tidak akan memaksakan berdirinya TPS jika tidak ada warga kabupaten.

“Kalau memang ada warga dan sudah memenuhi persyaratan berdirinya TPS maka akan kita bangun. Tetapi, kalau memang tidak mencukupi, maka warga akan dimasukkan kedalam daftar di TPS terdekat,” tandasnya.(yog)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "KPU Tidak Akan Campuri Sengketa Perbatasan "

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus

loading...