Hujan Deras, Evakuasi Korban Longsor Terpaksa Dihentikan

tim sar kuningan hentikan evakuasi warga jabranti

RAKYATCIREBON.CO.ID - Hujan deras yang terjadi di lokasi bencana longsor Desa Jabranti Kecamatan Karankancana, Minggur (25/2) sore, mengakibatkan proses evakuasi oleh tim SAR BPBD, TNI/Polri dan Relawan menghentikan jalannya evakuasi korban ke tempat yang lebih aman.

Pasalnya, hujan disertai petir yang mengguyur tersebut sangat dimungkinkan rawan adanya pergerakan tanah susulan, ditambah kondisi gelap karena mati lampu.

Berdasarkan data yang diperoleh dari BPBD Kuningan, jumlah total pengungsi Desa Jabranti sebanyak 467 KK dengan 1333 jiwa dengan rincian di posko gngjawa 234 KK, 758 jiwa, di bajar kedaton 149 KK, 491 jiwa dan di luar desa 19 KK, 60 jiwa dan Balita 53 jiwa, manula 41 jiwa.

Kepala BPBD Kuningan Agus Mauludin mengatakan, kegiatan yang dilakukan hari ini adalah, mengevakuasi warga, melakukan pendataan jumlah pengungsi, penempatan tangki air PDAM dan pendirian Dapur umum.

“Untuk besok (Hari ini,red), membuka jalur akses evakuasi, untuk warga dan hewan ternak, Pengungsi total yang sudah di evakuasi 612 jiwa, 200 jiwa di posko Kaduagung, sisanya 412 Jiwa menyebar di rumah saudaranya,” katanya.

Kendala yang di hadapi dilapangan kata Kalak, jalur yang di lewati untuk evakuasi sangat berat, tidak bisa dilewati kendaraan roda dua ataupun empat, jalur yang dilewati masih terjadi longsoran susulan.

“Untuk sementara di Desa Jabranti proses evakuasi dihentikan karena hujan lebat, petir dan mati lampu, untuk Desa margacina sudah terevakuasi ke kaduagung sedangkan untuk untuk Desa Pinara sudah terevakuasi ke Desa ciniru dan cijemit,” jelasnya

Sementara itu, Komandan Korem 063/SGJ Kolonel Inf Veri Sudijanto Sudin SIP di dampingi Komandan Kodim 0615/Kuningan Letkol Inf Daru Cahyadi Soeprapto SSos MM beserta Kapolres Kuningan AKBP Yuldi Yusman meninjau lokasi bencana banjir dan tanah longsor di Desa Kawungsari Cibereum Kuningan.

“Saya merasa prihatin melihat kondisi kerusakan di akibatkan bencana alam ini, Saya juga Perintahkan Komandan Kodim untuk terus membantu masyarakat dan terus berkoordinasi dengan Pihak terkait seperti Polres Kuningan, BPPD Kab. Kuningan serta yakin dan kontrol Bantuan dari pihak manapun agar sampai ke masyarkat yang membutuhkan, kepada masyarkat yang terkena musibah ini untuk tetap bersabar dan ikuti arahan dari para petugas dilapangan serta jangan mudah terpropokasi oleh berita–berita yang tidak jelas sumber,” katanya.

Dalam kegiatan peninjauan lokasi bencana banjir dan tanah longsor di Desa Kawungsari Kec. Cibereum Kab. Kuningan hadir pula Wakapolres Kuningan Kompol Pol Nanang Suhendar SH Kepala Staf Kodim 0615/Kuningan Mayor inf Riza Taufiq Hasan SIP, Komandan Koramil 1503/Ciniru Kapten Chk asep Supriatna Perwira Seksi Teritorial Kapten Czi Yusuf.

Kapten Inf Budi Hendriyatna Perwira Seksi Operasi, Kapten Inf R Syaefi Perwira Seksi Logistik Kodim 0615/kuningan dan Letda Inf Haerulla Madiabu Dan Unit Intel Kodim 0615/Kuningan serta jajaran Perwira Polres Kuningan. (ale)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Hujan Deras, Evakuasi Korban Longsor Terpaksa Dihentikan "

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus