Gepeng dan Orang Gila Melawan Saat Ditertibkan Petugas Gabungan

polres kota cirebon gelar operasi cipta kondisi

RAKYATCIREBON.CO.ID  - Sat Sabhara Polres Cirebon Kota bersama Satpol PP dan Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DSP3A) Kota Cirebon, menggelar operasi Cipta Kondisi dengan sasaran gelandangan, pengemis dan orang gila di sejumlah titik, Rabu (07/02) kemarin.

Dari pantauan wartawan koran ini, pada operasi kemarin puluhan personil gabungan berhasil mengamankan beberapa orang orang gila, gelandangan dan pengemis dari sejumlah jalan protokol di Kota Cirebon. Bahkan, beberapa gelandangan sempat melakukan perlawanan saat akan digiring petugas ke mobil untuk ditertibkan.

Dalam keterangannya, Kasat Sabhara Polres Cirebon Kota, AKP Indra menyampaikan bahwa operasi Cipta Kondisi ini adalah agenda rutin yang dilakukan pihaknya, namun pada operasi kemarin, Sat Sabhara berkoordinasi dengan beberpa instansi pemerintahan untuk menentukan tindak lanjut dari hasil operasi yang dilakukan.

"Ini adalah kegiatan pengamanan didalam tahapan pilkada, dimana sesuai dengan perintah pimpinan, kita melaksanakan Ops Cipta Kondisi dengan sasaran kerawanan kamtibmas," ungkap Indra saat diwawancarai sejumlah wartawan, kemarin.

Gelandangan, Pengemis dan Orang Gila, lanjut dia, adalah salahsatu sumber kerawanan gangguan di jalanan yang meresahkan masyarakat. Sehingga pihaknya melakukan penertiban di beberapa titik kerumunan agar suasana kamtibmas di wilayah hukum Polres Cirebon Kota tetap kondusif.

"Penertiban kita lakukan di wilayah hukum Cirebon Kota, kita amankan dari gangguan kamtibmas dijalanan yang meresahkan masyarakat, agar situasi aman dan nyaman," lanjut Indra.

Untuk menindaklanjuti hasil operasi kemarin, ditambahkan Indra, kepolisian berkoordinasi dengan Satpol PP dan Dinas Sosial, apakah nanti hanya cukup dengan didata untuk kemudian dikembalikan kepada keluarga masing-masing atau ada tahapan lain, seperti pengobatan atau yang lainnya.

Sementara itu, Kepala UPT Liposos dan Loka Bina Karya (LBK) pada Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DSP3A) Kota Cirebon, Kamuli menyampaikan, Dinas Sosial akan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan dan pihak Rumah Sakit untuk tindak lanjut Gelandangan, Pengemis dan Orang Gila yang diamankan.

"Untuk menindaklanjuti hasil operasi ini, setelah didata, kita akan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan dan pihak Rumah Sakit, jika memang tidak ada gangguan kejiwaan, tentu kita kembalikan kepada keluarga masing-masing," kata Kamuli. (sep)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Gepeng dan Orang Gila Melawan Saat Ditertibkan Petugas Gabungan"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus

loading...