Antrean Pasien Masih Menumpuk di Puskesmas

layanan puskesmas di majalengka minta terus ditingkatkan

RAKYATCIREBON.CO.ID  - Pelayanan di Puskesmas di Majalengka harus segera dibenahi. Pasalnya, di beberapa Puskesmas masih ada antrean panjang warga untuk mendapatkan pelayanan. Jika dibiarkan akan sangat menghambat aktivitas warga.

Salah seorang keluarga pasien yang mengantar anaknya untuk berobat, Dian (29) mengatakan, saat ini di puskesmas maupun rumah sakit memang menggunakan sistem antrean.

Sama halnya seperti masuk ke sebuah bank, harus memegang nomor antrean terlebih dahulu. Akan tetapi harus ada terobosan baru ke depannya, mengingat jumlah penduduk saat ini semakin bertambah.

"Misalnya, stand antreannya jangan satu, harus lebih dari satu. Sehingga jika suatu saat ada banyak pasien, Antrean itu bisa dipecah. Sehingga yang paling akhir datang, tidak terlalu lama menunggu nomor antrean," ungkapnya.

Menurut Dian, saat ini dari sisi pelayanan antara puskesmas di setiap kecamatan memang berbeda-beda. Akan tetapi saat ini bagi yang punya kartu BPJS maupun yang tidak, para perawatnya terlihat lebih semringah dan menunjukan keramahan. Meskipun diakui bahwa masih ada satu dua orang yang terlihat kurang senyum.

"Kalau dari sisi keramahan, sekarang memang agak berbeda. Kalau dulu, pelayananya tidak memuaskan. Kini, para perawatnya banyak ramah. Ini sebuah kemajuan. Apalagi bagi yang punya BPJS sama sekali tidak bayar. Cuma itu harus ikut budaya ngantre," ungkapnya.

Sementara itu keluarga pasien yang tengah mengantre di salah satu Puskesmas, Haidar mengatakan, instruksi pemerintah untuk melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya, kini mulai berjalan.

Pengalamannya, minggu lalu, ketika saudaranya sempat mau melahirkan dan dibawa ke Puskesmas terdekat, dari rumah ia sudah berburuk sangka terkait pelayanan di puskesmas.

"Namuan, faktanya perawatnya kini ramah-ramah. Khusus untuk pasien mau melahirkan kini tidak perlu daftar. Itu yang kemudian membuat saya acungi jempol," ujarnya.

Sementara itu, Kadinkes Majalengka, H Alimudin menuturkan, setiap pelayanan di Puskesmas manapun memang harus melayani masyarakat dalam kondisi apapun.

"Kalau mengenai saran silakan layangkan langsung. Karena di setiap Puskesmas ada kotak saran. Silakan bagi masyarakat untuk mengisinya, kalau memang ada keluhan," imbuhnya. (hrd) 

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Antrean Pasien Masih Menumpuk di Puskesmas"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus