Usai Dilantik, 15 PPL Desa Segera Cocokan Data Pemilih

panwas kecamatan jatitujuh lantik belasan ppl desa

RAKYATCIREBON.CO.ID  - Ketua Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Jatitujuh, Isa Ansori SPdI melantik 15 Pengawas Pemilihan Lapangan (PPL) desa se-Kecamatan Jatitujuh di aula kecamatan setempat, Rabu (17/1).

Dijelaskan Isa, dalam rangka melaksanakan amanat Undang-Undang nomor 15 tahun 2011 tentang penyelenggara pemilu, pihaknya sudah melaksanakan pelantikan PPL.

Tujuan dibentuknya PPL ini, kata dia,  untuk mengawasi seluruh tahapan Pemilu di tingkat Desa. Selain itu, tugas lainnya adalah Menerima temuan dan laporan dugaan pelanggaran Pemilu, serta menindaklanjuti dan meneruskan temuan dan laporan ke pihak yang berwenang.

“Seluruh PPL dalam melaksanakan tugas hendaknya selalu koordinasi dan tidak mengedepankan sikap arogan, serta tidak diskriminasi. Bagi PPL yang sudah dilantik dan diambil sumpah, agar bisa bekerjasama dengan seluruh stakeholder di desa masing-masing. Tidak kalah pentingnya bahwa Pengawas Pemilu harus netral (tidak ada kepentingan politik apapun),” katanya.

Pihaknya berharap, semoga dengan adanya PPL yang bertugas di 15 Desa se-Kecamatan Jatitujuh ini lebih meningkatkan mutu pelaksanaan Pemilu baik Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat maupun pemilihan bupati dan wakil bupati Majalengka tahun 2018.

Sementara itu, Ketua Kelompok kerja (Pokja) Pembentukan Panwaslu Kelurahan/desa Kecamatan Jatitujuh, Donny Yogarasa SE menuturkan, PPL desa se-Kecamatan Jatitujuh sebanyak 15 orang yang akan bertugas di kelurahan masing masing. Setelah, dilantik para PPL tersebut langsung mendapatkan Bimtek dari panwascam Jatitujuh.

“Kami menyampaikan bahwa 15 orang pengawas pemilihan lapangan (PPL) yang telah lulus merupakan orang yang terbaik dari peserta lainnya. Mereka ini memiliki kemampuan tentang strategi pengawasan pemilu, integritas tinggi, berkomitmen dan kemampuan berkomunikasi, bisa bekerja secara tim serta menguasai wilayah desa masing-masing,” tandasnya.

Ditambahkan Donny, dalam waktu dekat ini teman-teman PPL yang baru dilantik akan langsung melakukan pengawasan terkait pencocokan dan penelitian (coklit) pada 20 Januari mendatang.
“Kami berharap kepada teman-teman PPL agar bisa bekerja dengan penuh waktu sesuai dengan surat pernyataan yang telah disepakati masing-masing,” tandasnya.(hsn)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Usai Dilantik, 15 PPL Desa Segera Cocokan Data Pemilih"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus

loading...