Unswagati Bakal Buka Program Studi Khusus Budaya Cirebon


unswagati arahkan dosen lakukan penelitian kearifan lokal

RAKYATCIREBON.CO.ID – Rektor Unswagati, Dr H Mukarto Siswoyo MSi mendukung Cirebon  kawasan wisata budaya di Jawa Barat. Saat ini, Cirebon sudah menjadi daerah tunjuan wisatawan.

Dukungan itu dituangkan Rektor dalam program kerjanya. Salah satunya yang bakal diusung Unswagati ialah  peningkatan konten lokal dalam setiap pengajaran di kampus.

Mukarto menuturkan, konten kearifan lokal Cirebon dipandang penting, lantaran memiliki potensi yang tergolong besar. Keterlibatan Unswagati dalam peningkatan potensi wisata budaya di Cirebon diharapkan member angin segar bagi tata kelola pariwisata Cirebon.

Nantinya, kata dia, dosen  dan mahasiswa Unswagati bakal diarahkan untuk melakukan kajian tentang kearifan lokal Cirebon.

“Kami arahkan dosen melakukan penelitian kearifan lokal. Hal ini sebagai bagian dari upaya meningkatkan potensi kearifan lokal Cirebon,” ungkap Rektor.

Dia juga menuturkan, di setiap fakultas muatan konten  kearifan lokal juga bakal dijarkan pada mahasiswa. Nantinya, mahasiswa diberi  pemahaman  tentang  potensi dan budaya lokal Cirebon.

Selain itu, kata Mukarto, nuansa kearifan lokal juga bakal dihadirkan Unswagati  di setiap sudut kampus. Di setiap bagian – bagian tertentu di Unswagati diberi ornamen khas Cirebon. “Kami akan buat artefa, atau pada dinding tertentu dengan cat motif Mega Mendung,” ujar dia.

Selain itu, pihaknya juga berencana membuat program studi khusus tentang kearifan lokal Cirebon. Rencana tersebut masih dalam tahap penggodokan.

Jika peminat program studi itu banyak, bukan tidak mungkin dalam waktu dekat bakal direalisasikan Unswagati.

“Kami berencana akan memasukan salah satu tentang budaya Cirebon di setiap fakultas. Juga kalau ada minatnya, membuka program studi yang terkait dengan budaya Cirebon. Kami ingin orang datang ke Unswagati tertarik karena ada kearifan lokalnya,” imbuhnya. (wan)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Unswagati Bakal Buka Program Studi Khusus Budaya Cirebon"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus