TNI Ikut Dorong Swasembada Pangan, Beri Tahu Petani Cara Membuat Pupuk Organik

tni lakukan pendampingan petani cara membuat pupuk organik

RAKYATCIREBON.CO.ID - Ikut mewujudkan serta mempercepat swasembada ketahanan pangan, selain melakukan pendampingan kepada kelompok tani, TNI juga mensosialisasikan cara pembuatan Mikro Organisma Lokal (MOL) kepada para petani di wilayah Kuningan.

Kegiatan dipimpin oleh Danramil 1503/Ciniru Kodim 0615/Kuningan Korem 063/SGJ, Kapten Chk Asep Supriyatna, SH di halaman koramil, Rabu (24/1). Kegiatan pembuatan MOL (Mikro Organisma Lokal), bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada anggota Babinsa agar mengetahui cara pembuatan pupuk organik cair.

"Saya berharap para Babinsa ini yang setiap hari bertemu dengan masyarakat dan petani, bisa mensosialisasikan kepada mereka di desa binaannya untuk menggunakan pupuk organik cair," kata Danramil.

Menurut Danramil, pengetahuannya tentang urgensitas pupuk bagi tanaman. Jenis pupuk berdasarkan bahan penyusunannya, bisa terdiri dari pupuk kimia, pupuk organik dan pupuk hayati.

“Pupuk organik dapat dibagi menjadi 2 berdasarkan bentuknya yaitu pupuk organik dan pupuk organik cair. Salah satu jenis pupuk organik cair yang dikenal publik adalah Mikro Organisasi Lokal (MOL) yang merupakan larutan hasil fermentasi," beber Danramil.

Bahan dasar MOL, jelas Danramil, berasal dari berbagai sumber yang mengandung unsur hara mikro, mikro bakteri perombak bahan organik, perangsang pertumbuhan dan agen pengendali hama atau penyakit tanaman.

"MOL dapat dimanfaatkan sebagai pupuk organik cair, biang pembutan Kompos dan Pestisida Nabati," pungkas Danramil.

Danramil menambahkan, adapun bahan-bahan pupuk MOL ialah air kelapa 10 liter, air cucian air beras 10 liter, gula merah dan sampah rumah tangga.

"Sementara media yang dibutuhkan yaitu drum plastik, plastik dan tali karet, setelah itu semua bahan di campur di drum plastik dan ditutup dan didiamkan selama 14 hari. Setelah 14 hari pupuk cair organik dapat di pergunakan," paparnya.

Disebutkan, kegiatan pembuatan MOL pupuk organik cair diikuti oleh Bati Tuud Koramil 1503/Ciniru (Pelda Toto Budiarto) serta anggota Babinsa dari Koramil 1503/Ciniru.

Diantaranya Serka Piter, Serda Una, Serda Agus Fitri, Serda Engkus, Serda Sukim, Serda Supriatna, Serda Abu dan ASN Mulyana. (ale)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "TNI Ikut Dorong Swasembada Pangan, Beri Tahu Petani Cara Membuat Pupuk Organik"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus