Tahun Pilkada, Pertumbuhan Ekonomi Diprediksi Makin Moncer

bank indonesia yakin pilkada akan mengangkat pertumbuhan ekonomi

RAKYATCIREBON.CO.ID  – Kepala  Perwakilan Bank Indonesia  (KPw) Bank Indonesia (BI) Jawa Barat, Wiwiek Sisto Widayat memprediksi, pertumbuhan ekonomi di Jawa Barat sepanjang 2018 akan mengalami peningkatan.

Hal itu seiring  berbagai event yang dilakukan pada 2018. Salah satunya ialah pesta demokrasi  pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak di Jawa Barat. Wiwiek menjelaskan, di Jawa Barat saja ada 16 daerah yang bakal menyelenggarakan pilkada.

Menurut dia, biasanya pada  momen pilkada  bakal terjadi likuiditas ekonomi yang lebih cair dan bisa diserap langsung  oleh masyarakat. Misalnya, pengusaha konveksi atau percetakan bakal kebanjiran order  alat peraga kampanye (APK).

Di sisi lain, kata dia, padatnya aktivitas juga membutuhkan asupan energi yang mencukupi. Oleh karenanya, pedagang – pedagang makanan dan minuman justru bakal meneguk keuntungan dari pilkada serentak ini.

“Bakal ada  16 kota pilkada ini bakal menambah likuiditas ekonomi di masyarakar. Uang akan bertambah di masyarakat, dan pertumbuhan  ekonomi akan naik,” ungkapnya kepada Rakyat Cirebon, kemarin.

Selain itu, kata Wiwiek, hajat nasional SEA Games juga diprediksi bakal member andil besar dalam peningkatan perekonomian di Jawa Barat.  “SEA Games juga akan menambah dampak ekonomi di Jawa Barat membaik,” paparnya.

Selain itu, dalam jangka panjang, hadirnya BIJB yang mulai beroperasi tahun ini juga bakal menggairahkan ekonomi di Jawa Barat. Lebih lagi, dengan hadirnya Tol Cisumdawu yang pengerjaannya tengah dikebut pemerintah.

“Juni tahun ini, BIJB harus siap memberangkatan umrah dan ibadah haji. Shoft lounching akan di Februari ini juga berdampak baik. Juga ada ekspor di Jawa Barat ada batu bara, minyak palm kalau pertumbuhan ekonominya nggak baik akan repot,” imbuhnya. (wan)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Tahun Pilkada, Pertumbuhan Ekonomi Diprediksi Makin Moncer"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus

loading...