Sekda Sentil SKPD, Ingatkan Segera Ajukan Lelang

dpupr kota cirebon belum ajukan lelang pembangunan

RAKYATCIREBON.CO.ID – Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemkot Cirebon yang paling banyak program pembangunan dengan sistem lelang adalah Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR).

Namun sejauh ini, DPUPR belum mengajukan satupun paket program pembangunan untuk dilelangkan di Unit Layanan Pengadaan (ULP).

“Memang belum ada yang diajukan (untuk dilelang di ULP, red),” ungkap Kepala DPUPR Kota Cirebon, Ir Budi Rahardjo MBA, ditemui di kantor Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik (DKIS), Selasa (30/1) kemarin.

Namun demikian, ia enggan menjelaskan latarbelakang belum diajukannya berkas lelang sejumlah program pembangunan ke ULP. Budi menyebutkan, pihaknya pasti akan mengajukan dokumen lelang. “Tunggu tanggal mainnya,” katanya, seraya berlalu.

Di tempat yang sama, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon, Drs H Asep Dedi MSi mengatakan, pihaknya sudah sejak jauh-jauh hari menginstruksikan kepada semua SKPD untuk mempercepat pengajuan lelang ke ULP, sehingga bisa diproses lebih cepat.

“Semua perangkat daerah sudah kita instruksikan untuk percepatan. Termasuk ini juga arahan dari pemerintah pusat. Makanya kita akan dorong terus agar SKPD menyelesaikan RUP (Renana Umum Pengadaan, red) untuk kemudian dilelangkan di ULP,” ungkap Asep Dedi.

Menurut dia, dengan telah ditetapkannya APBD tahun 2018, mestinya ULP sudah bisa menggelar lelang program belanja, baik itu belanja pembangunan fisik maupun non fisik.

“Lelang ini harusnya sudah bisa dilakukan. Karena APBD kita sudah ditetapkan. Tinggal bagaimana kesiapan perangkat daerah untuk melaksanakan,” katanya.

Asep Dedi berharap, semua SKPD yang memiliki program pembangunan yang diharuskan melalui sistem lelang, untuk segera mengajukan dokumen lelang ke ULP. “Sehingga tidak menumpuk di akhir tahun nantinya. Dari sekarang mulai dilaksanakan,” katanya.

Sebelumnya, hingga akan berakhir, di Januari ini belum ada satupun lelang proyek di lingkungan Pemkot Cirebon yang naik lelang. Unit Layanan Pengadaan (ULP) baru melayani lelang di luar pemkot. Misalnya proyek pembangunan di lingkungan Polres Cirebon Kota dan pengadaan barang/jasa di KPU Kota Cirebon.

“Di Januari adanya lelang di luar pemkot. Semisal Polres Cirebon Kota untuk proyek pembangunan Polsek Lemahwungkuk, ruang tahanan, dan asrama polisi. Kemudian KPU, pengadaan barang dan jasa. Ini pokjanya tetap dari kita, ULP Kota Cirebon,” ungkap Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa ULP Kota Cirebon, Syaroni ATD MT, ditemui di ruang kerjanya, Senin (29/1).

Ia menambahkan, pada Desember 2017 lalu, sedikitnya ada 37 paket proyek yang dilelangkan. Semuanya sudah selesai untuk dikerjakan di tahun ini. beberapa diantaranya yakni lima paket proyek di RSD Gunung Jati dan beberapa dinas lainnya.

“Di Januari ini tidak ada lelang yang ditayangkan. Karena dari dinas belum menyerahkan berkas lelang. Jadi kami belum bisa melelangkan,” katanya. (jri)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Sekda Sentil SKPD, Ingatkan Segera Ajukan Lelang"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus