Relief Logam Karya Budhi Dipasarkan Hingga ke Mancanegara

kerajinan relief logam asli cirebon mendunia

RAKYATCIREBON.CO.ID –  Pria paruh baya asal Cirebon, Budhi Brasco mengembangkan kerajinan relief logam. Berbeda dengan kerajinan lukis  biasanya, efek gambar  dari kerajinan jenis ini lebih berdimensi.

Budhi menjelaskan, untuk menciptakan relief dari lempengan logam digunakan alat tertentu disodokan dari belakang logam. Nantinya, efek timbul akan muncul di permukaan logam sebaliknya. Inilah mengapa, kerajinan yang ditekuni Budhi  tergolong kerajinan relief.

Dikatakanya, untuk menciptakan satu karya, dibutuhkan waktu beberapa hari. Terlebih dahulu Budhi membuat pola pada lempengan logam menggunakan pensil. Pola bisa berupa sketsa wajah, pemandangan, benda hingga kaligrafi.

Pola yang sudah terbentuk bakal ditimbulkan dengan alat khusus. Lebar logam yang dipakai sangat bergantung pada pola yang dikerjakan.

Biasanya, Budhi menuruti keinginan konsumennya. Dari  hasil kerja kerasnya, berbagai  penghargaan pun pernah disabet Budhi.

“Saya pernah diundang Kementrian untuk pameran. Dengan Pak Yasona (Menkumham) juga pernah untuk mengenalkan karya saya ini,” ungkap Budhi saat ditemui di sebuah acara di Kota Cirebon.

Yang tak kalah membanggakan, karya relief logam Budhi bahkan sudah dipasarkan hingga ke manca negara. “Penjualannya saya ada kios di jalan Sukalila, dekat dengan PGC di situ saya pamerkan. Ada juga pesanan dari luar negeri,” jelas dia. (wan)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Relief Logam Karya Budhi Dipasarkan Hingga ke Mancanegara"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus