Proyek Pelebaran Jalan Diduga Penyebab Banjir di Cibatu

wilayah cibatu majalengka sering banjir saat diguyur hujan

RAKYATCIREBON.CO.ID  – Wilayah Cibatu terutama yang berada di pinggir jalan raya Cibatu-Sidamukti terendam banjir saat turun hujan. Penyebabnya, diduga karena dilokasi tersebut ada pelebaran jalan.

Salah seorang warga, Nana mengeluhkan banjir yang menggenang di dekat rumahnya. Padahal, sebelum ada proyek pelebaran jalan, situasi aliran guyuran hujan tidak begitu membuat banjir. Bahkan terlihat lancar-lancar saja. Namun sekarang setelah ada pelebaran jalan, aliran air seolah tersumbat.

"Kalau hujan besar dan terus menerus bisa-bisa banjir akan lebih tinggi lagi airnya. Ini karena ada pelebaran jalan. Kalau bisa segera dibereskan, mengingat musim hujan masih berlangsung," ungkap Nana, Kamis (11/1).

Ia berharap, agar pemerintah lebih memperhatikan dampak ‎banjir yang menimpa pemukiman. program pelebaran jalan memang harus disambut baik, akan tetapi masyarakat berharap agar pihak pengerjaan jalan selalu memperhatikan asas-asas keselamatan untuk warga. Serta soal banjir ini agar tidak terulang lagi.

"Banjir merupakan dampak negatif yang merugikan, karena air yang menggenang sudah pasti masuk rumah, dan itu membuat panik seisi rumah," ungkapnya.

Warga lainnya, Otong mengatakan hal yang sama. Seharusnya pelebaran jalan itu memperhatikan pembuatan drainase yang baik. Sehingga banjir di wilayah pemukiman tidak terjadi menimpa warga.

Pihaknya juga berharap agar pembuatan drainase di jalur Cibatu menuju objek wisata paralayang bisa dibenahi dan tidak asal-asalan.

"Jalan boleh bagus dan lebar, tetapi soal drainase juga perlu diperhatikan. Mengingat warga lah nanti yang akan menjadi korban dari genangan air yang menggenang," ungkapnya.

Apalagi, kata dia, Majalengka sendiri akan lebih banyak pengunjung seiring dengan beroperasinya BIJB di Kertajati. Pengunjung yang datang maupun wisatawan asing mulai berdatangan.

Maka jika pengunjung dari warga luar menyaksikan banjir bisa berdampak negatif. "Oleh karenanya, drainase yang baik sangat penting. Jangan sampai ketika adapengunjung luar yang datang ke Majalengka menyaksikan banjir ini," ungkapnya. (hrd)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Proyek Pelebaran Jalan Diduga Penyebab Banjir di Cibatu"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus