PKS Salahkan PAN

imbas rekomendasi berubah jadi siswandi euis

RAKYATCIREBON.CO.ID  - Gagalnya Koalisi Umat yang digawangi Partai Gerindra, PKS dan PAN untuk mengusung calon walikota dan wakil walikota pada pilwalkot 2018 cukup mengejutkan.

Terlebih kegagalan tersebut disebabkan PKS yang tidak mau mengeluarkan surat rekomendasi pencalonan. Akibatnya kursi di parlemen yang dimiliki Koalisi Umat belum cukup untuk bisa mengusung satu paslon.

Berubahnya sikap PKS diduga karena sikap partai lain di Koalisi Umat berubah dari kesepakatan awal. Awalnya, ketiga partai sepakat mengusung paket Siswandi-Karso, namun pada last minute rekomendasi dari DPP PAN berubah menjadi Siswandi-Euis. 

Saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Plt Ketua DPW PKS Jawa Barat, Nur Supriyanto mengaku heran dengan sikap PAN, yang dengan tiba-tiba mengubah rekomendasi menjadi Siswandi-Karso.

"Awalnya kesepakatan partai-partai di Koalisi Umat itu kan sudah ke Siswandi-Karso, bahkan sudah kita publikasikan juga, dan kita sudah bikin SK. Nah kenapa terakhir kok rekomendasi PAN jadi Siswandi-Euis?," ungkap Nur Supriyanto dengan nada heran.

Dengan berubahnya rekomendasi yang diterbitkan DPP PAN, lanjut dia, secara otomatis PKS harus kembali melakukan kajian dan pembahasan, sementara waktu yang ada tidak memungkinkan untuk mengkaji pasangan yang tertulis dalam SK dari DPP PAN tersebut.

"Karena rekomnya berubah, maka kita harus bahas lagi dari awal. Sementara waktunya sempit, apalagi fokus kita sudah di Pilgub dan Pileg daerah lainnya di Jawa Barat. Nah ini di Kota Cirebon ada perubahan lagi, mana mungkin kita begitu saja mengeluarkan rekomendasi, sementara kita tidak tahu siapa itu Euis," lanjut dia.

Disoal mengenai apakah perubahan rekomendasi yang mendadak dari DPP PAN menjadi salahsatu faktor tidak terbitnya rekomendasi dari DPP PKS?  Nur sendiri tidak mengiyakan hal itu.

Akan tetapi fakta di lapangan memang perubahan rekomendasi dari DPP PAN membuat DPP PKS kebingungan hingga pada menit-menit terakhir memutuskan untuk mengambil sikap abstain.

"Kalau melihat dari sisa waktu memang tidak akan keburu. Saya juga tidak mengatakan bahwa PAN mengubah sepihak kesepakatan awal, tapi memang demikian. Mungkin Gerindra bisa mengikuti ritme itu sehingga rekomendasi bisa turun, tapi PKS terlalu mepet. Dan soal arah PKS selanjutnya, kami masih mengkaji, nanti akan rapat di DPW," kata Nur Supriyanto. (sep)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "PKS Salahkan PAN "

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus

loading...