Persoalan Sampah Bukan Hanya Tanggungjawab Pemerintah

kodim majalengka sosialisasi cara penanganan sampah

RAKYATCIREBON.CO.ID – Kodim 0617/Majalengka bersama Dinas Lingkungan Hidup Majalengka melakukan sosialisasi cara penanganan sampah dan pendayagunaan halaman rumah sebagai pendukung ekonomi keluarga di aula Makodim setempat, pada Rabu (24/1).

Komandan Kodim 0617/Majalengka Letkol  Arm Novi Herdian SH MM mengatakan, pengelolaan sampah tidak bisa diselesaikan hanya oleh pemerintah dengan “kumpul, angkut, buang” ke TPA saja.

Namun, kata dia, harus dilakukan secara komprehensif dan terpadu dari hulu ke hilir agar memberikan manfaat secara ekonomi, sehat bagi masyarakat dan aman bagi lingkungan. Serta dapat mengubah perilaku masyarakat. Masalah sampah tidak bisa diselesaikan hanya oleh pemerintah.

“Sudah saatnya sebagai penghasil sampah kita ikut membantu. Bahkan, ikut bertanggung jawab minimal mengurus sampahnya sendiri,” Novi kepada Rakyat Majalengka, kemarin.

Lebih lanjut, ia menuturkan, kesadaran manusia terhadap lingkungan hidupnya akan terbangun dengan baik. Apabila pendidikan tentang lingkungan hidup itu sendiri telah diberikan dan sampai kepada mereka. Baik melalui jalur pendidikan formal maupun non formal.

"Sikap dan tindakan yang ramah dan berpihak pada lingkungan hidup merupakan perwujudan dari kesadaran yang telah terbentuk melalui pemahaman dan penghayatan yang baik terhadap fungsi lingkungan hidup itu sendiri bagi mereka," ujarnya.

Oleh sebab itu, kata dia, upaya konservasi atau perlindungan terhadap lingkungan hidup akan memberikan hasil yang sangat nyata apabila hal tersebut dilakukan melalui pendidikan.

Sedangkan untuk pendayagunaan halaman rumah, kata Novi, Saat ini telah dikembangkan teknologi penanaman. Seperti, vertikultur yaitu penanaman secara vertikal (berundak atau bertingkat, red) baik menggunakan wadah talang, bambu, atau wadah-wadah lainnya yang disusun secara vertikal.

Kemudian ada juga cara penanaman dengan vertikal garden menggunakan karpet pada dinding-dinding tembok. Teknologi penanaman dengan cara hidroponik yang bisa dilakukan pada pekarangan tanpa tanah.

Selain hasil tanamannya lebih bagus karena nutrisinya terjaga, penanaman dengan hidroponik memiliki nilai estetika tersendiri juga.

Kegiatan Sosialisasi Pengelolaan dan pemanfaatan sampah rumah tangga diisi dengan materi yang di disampaikan Mahmud dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Majalengka. Juga dihadiri Ketua Persit Cabang XXVIII Kodim 0617/Majalengka beserta Pengurus Persit, Kasdim 0617/Majalengka Mayor Arh Bandi Sobandi, Kadis LH Kabupaten Majalengka diwakili oleh Sekdis.

Kadis Pangan diwakili oleh Sekdis, Kadis PSDA, Kasatpol PP diwakili oleh Kabag Linmas, para Danramil dan staf jajaran di  0617/Majalengka, perwakilan Babinsa setiap Koramil, para Kasitrantib kecamatan, perwakilan Babinkabtibmas setiap Polsek. Serta perwakilan masyarakat penggerak lingkungan yang berjumlah 235 orang.(hsn)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Persoalan Sampah Bukan Hanya Tanggungjawab Pemerintah"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus