Lowongan Kerja Pakai Online, Job Fair Kurang efektif

disnaker kota cirebon bakal luncurkan lowongan kerja online

RAKYATCIREBON.CO.ID - Tak mau kalah dengan kemajuan teknologi, Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Cirebon juga berencana akan membangun sebuah sistem untuk mempermudah informasi mengenai peluang kerja di Kota Cirebon.

Hal tersebut sebagaimana disampaikan oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Cirebon, Agus Sukmanjaya saat diwawancarai di ruangannya, kemarin.

"Sistem ini akan dibangun secara digital sehingga pencari kerja bisa melihat dengan mudah potensi dan peluang kerja yang ada," ungkap Agus.

Agus menilai, penjaringan tenaga kerja melalui berbagai job fair yang sering dilakukan oleh pihak Event Organizer, meskipun masih bisa membantu penyerapan tenaga kerja yang ada, namun belum bisa dimaksimalkan dengan baik.

Sehingga dari sisi informasi, para pencari kerja masih kebingungan, ditambah lagi biasanya pada sebuah job fair, perusahaan dan kuota kebutuhan tenagakerja selalu terganjal oleh pembatasan.

Untuk sistem baru ini, dikatakan Agus, pihaknya menargetkan pada semester pertama tahun ini sudah bisa dirilis dan diakses oleh masyarakat, terutama oleh para pencari kerja.

"Bentuknya ya semacam job fair digital lah, dan target kita semester pertama bulan Juli nanti sudah bisa diakses. Jadi nanti lowongan kerja bisa dilihat dengan mudah, kapanpun dan dimanapun karena berbasis sistem digital," tutur Agus.

Disoal mengenai tenaga kerja yang harus diserap di Kota Cirebon, data yang ada pada Disnaker dikatakan Agus, mencapai angka 16 ribu orang pada akhir tahun 2017 lalu.

Dan angka tersebut terdiri dari tenaga kerja di semua angkatan, mulai dari jenjang SD hingga sarjana, ditambah dengan para tenaga kerja yang terkena PHK.

"Berdasarkan survei akhir tahun 2017 lalu, ada sekitar 16 ribu atau 11,63 persen dari jumlah angkatan kerja. Namun data survei ini sifatnya masih estimasi karena metodologi yang kita gunakan sampling," katanya. (sep)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Lowongan Kerja Pakai Online, Job Fair Kurang efektif"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus

loading...