KPU Pantau Coklit DPT untuk Pilkada 2018

ppdp kabupaten cirebon dilantik serantak

RAKYATCIREBON.CO.ID  - Guna menghasilkan daftar pemilih tetap (DPT) pada Pilbup 2018, KPU Kabupaten Cirebon akan melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) serentak pada 20 Januari nanti. Demikian disampaikan Komisioner KPU Kabupaten Cirebon, Sudiono S.Pd, Selasa (16/1).

Menurutnya, kaitan dengan DPT ini KPU sangat serius, hal ini untuk menghasilkan DPT yang berkualitas. Dengan begitu, semua masyarakat yang berhak memilih tidak terlewat. “Karena kita ingin semua masyarakat yang sudah berhak menyalurkan suaranya itu bisa datang ke TPS,” tutur Sudiono pada Rakcer.

Untuk melalukan tahapan pencocokan dan penelitian ini, KPU akan melibatkan sebanyak 3.650 petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) yang kemarin telah dilantik secara serentak di masing-masing kecamatan.

"Diharapkan PPDP ini bisa bekerja maksimal, turun ke masyarakat langsung bukan saja untuk coklit tapi sosialisasi juga guna meningkatkan partispasi masyarakat,” sambungnya.

Pada pengalaman Pilkada sebelumnya, kata Sudiono, DPT menjadi salah satu persoalan. Oleh karena itu di Pilkada 2018 ini pihaknya lebih serius lagi. Salah satunya dengan pembentukan petugas pemutakhiran data pemilih. Jika sebelumnya hanya dilakukan oleh PPS dan PPK.

“Persoalan mengenai DPT pilbup lalu ternyata datanya asal saja. Maka dari itu kita ingin proses coklit kali ini benar, dengan mendatangi satu-satu warga dan mencocokan data KTP dan KK,” jelasnya.

Dalam melakukan coklit sendiri, KPU berlandaskan pada data Daftar Penduduk Potensial Pemilihan (DP4) yang dikeluarkan oleh Kemendagri. Jumlah DP4 yang diperoleh dari Kemendagri itu ada sekitar lebih dari 1,5 juta pemilih potensial di Kabupaten Cirebon. Data itu sudah dilakukan perekaman by name by addres sehingga petugas bisa mendatanganinya secara langsung.

“Supaya tidak main-main, kami minta petugas di lapangan untuk bisa menunjukan bukti kerjanya dengan berupa dokumentasi serta titik koordinat dimana mereka berada. Untuk memantau kami punya sistemnya secara online. Mudah-mudahan petugas bekerja dengan baik,” terangnya.

Rencananya, pada pelaksanaan coklit hari pertama pada 20 Januari, KPU akan turun ke bawah mendampingi PPDP. (ari)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "KPU Pantau Coklit DPT untuk Pilkada 2018"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus